APLIKASI KEHADIRAN MENGAJAR MENGGUNAKAN RECEIVED SIGNAL STRENGTH INDICATOR (RSSI) BERBASIS WLAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

APLIKASI KEHADIRAN MENGAJAR MENGGUNAKAN RECEIVED SIGNAL STRENGTH INDICATOR (RSSI) BERBASIS WLAN


Pengarang

Emi Sahara - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1508107010008

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Informatika (S1) / PDDIKTI : 55201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Proses absensi kehadiran dalam suatu perkuliahan diperlukan untuk mencatat kehadiran dosen maupun mahasiswanya. Selain itu, seorang asisten yang berperan sebagai pengajar dalam kegiatan praktikum juga perlu melakukan pencatatan kehadiran. Namun, sistem absensi pada kegiatan praktikum saat ini masih menggunakan sistem absensi manual yang menggunakan kertas sebagai media absensi. Sebuah penelitian pada tahun 2017 dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Global Positioning System (GPS) dalam mengembangkan aplikasi absensi kehadiran mahasiswa, yang dapat melacak posisi atau keberadaan mahasiswa pada saat proses perkuliahan berlangsung. Namun, teknologi GPS tidak dapat memberikan akurasi yang baik mengenai lokasi pengguna di dalam gedung. Oleh karena itu diperlukan sebuah aplikasi untuk melakukan pencatatan kehadiran dosen maupun asisten, dan dapat memberikan akurasi yang lebih baik mengenai lokasi pengajar di dalam gedung. Maka dari itu, sistem indoor localization dengan metode ?ngerprinting yang memanfaatkan kekuatan sinyal Wireless Local Area Network (WLAN) dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Metode ?ngerprinting terbagi menjadi dua fase, yaitu fase training dan fase tracking. Pada fase training, data kekuatan sinyal dari 1 dan 3 unit Access Point (AP) dikumpulkan dalam bentuk Received Signal Strength Indicator (RSSI) pada beberapa titik dengan jarak antar titik adalah 2 meter. Kemudian pada fase tracking, data kekuatan sinyal baru yang diterima oleh perangkat pengguna akan dibandingkan dengan data training yang tersimpan pada basis data dengan menggunakan algoritma euclidean distance untuk menghitung jarak, dan klasi?kasi K-NN untuk menentukan lokasi pengguna. Terdapat tiga pengujian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pengujian akurasi, pengujian fungsionalitas dengan metode blackbox, dan pengujian usability menggunakan System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil pengujian akurasi, data kekuatan sinyal dari 3 unit AP memiliki akurasi paling baik yaitu sebesar 68% dengan nilai k = 5. Hasil pengujian blackbox yaitu semua ?tur pada aplikasi berjalan dengan baik sesuai dengan logika dan alur kerja masing-masing. Hasil pengujian usability menggunakan metode SUS mendapatkan skor 83.6% yang berarti aplikasi tersebut termasuk ke dalam kategori acceptable atau "dapat diterima" oleh pengguna.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK