//

GAMBARAN MODIFIKASI GAYA HIDUP BERDASARKAN BEHAVIORAL SYSTEM MODEL PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLI KLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Erfina - Personal Name
SubjectHYPERTENSION-MEDICINE
LIFE STYLE MODIFICATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

vi DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 11 Mei 2 013 X i v Halaman + V I Bab + 92 Halaman + 11 Tabel + 1 Skema + 17 Lampiran SRI ERFINA 090710102002 9 Gambaran Modifikasi Gaya Hidup Berdasarkan Behavioral System Model Pada Pasien Hipertensi Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUDZA Banda Aceh Tahun 2013 ABSTRAK Hipertensi merupakan keadaan ketika tekanan darah sistolik lebih dari 120 mmHg dan tekanan diasto lik lebih dari 80 mmHg. Salah satu penyebab hipertensi adala h gaya hidup yang kurang sehat, seperti kelebihan berat badan, mengkonsumsi garam berlebihan, stres, merokok dan mengkonsumsi alkohol. Se lain melalui obat - obatan, diperlukan suatu upaya untuk mens tabilkan tekanan darah dan menunjang penatalaksaan hipertensi yaitu dengan memodifikasi gaya hidup yang mencakup perencanaan makanan, pembatasan garam, penurunan berat badan, meningkatkan aktifitas fisik dan mengendalikan emosi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran modifikasi gaya hidup berdasarkan behavioral system model pada pasien hipertensi di Poliklinik Penyakit D alam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study dengan jumlah sampel sebanyak 75 pasien hipertensi primer. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner melalui wawancara yang terdiri dari 35 item pernyataan. Metode analisis data dengan menggunakan univariat. H asil penelitian menu njukkan bahwa gambaran modifikasi gaya hidup berdasarkan behavioral system model pada pasien hipertensi yang terdiri dari 7 variabel berada pada kategori baik yaitu attachment - affiliative (70,7%), dependency (61,3%), ingestive (62,7%), eliminative (62,7%), sexual (70,7%), achievement (62,7%), dan aggressive (56,0%) . Disarankan kepada perawat agar dapat mempertahankan dan meningkatkan promosi kesehatan kepada pasien dan masyarakat seperti pendidikan kesehatan, club hipertensi dan home visit dalam mensosialisasikan gaya hidup sehat . Kata kunci : Modifikasi gaya hidup, behavioral system m odel , h ipertensi Daftar pustaka : 29 buku + 8 bahan internet + 3 skripsi + 3 jurnal ( tahun 2000 - 2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PERIODONTITIS PADA PASIEN HIPERTENSI RINGAN DAN SEDANG DI POLI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Meliza, 2014)

PROFIL PENDERITA RETINOPATI HIPERTENSI DI POLI PENYAKIT DALAM RSU ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH (fazlia, 2014)

HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI DIET RENDAH NATRIUM PADA PASIEN HIPERTENSIRNDI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2013 (RAISHA ISWATINA, 2014)

GAMBARAN GAYA HIDUP PASIEN DIABETES MELLITUS DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2012 (SARTINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy