PENGARUH MINAT TERHADAP PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR FISIKA SECARA ONLINE DI SMAN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH MINAT TERHADAP PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR FISIKA SECARA ONLINE DI SMAN BANDA ACEH


Pengarang

Sri Ayu Fadillah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103030019

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak
Penelitian yang berjudul “Pengaruh Minat Terhadap Pemanfaatan Waktu Belajar Fisika Secara Online Di SMAN Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah terdapat pengaruh minat terhadap pemanfaatan waktu belajar fisika secara online. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidak pengaruh minat terhadap pemanfaatan waktu belajar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN Banda Aceh, sementara yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 5, SMA Negeri 12, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 1 Banda Aceh berjumlah 75 siswa. Penentuan sampel dilakukan secara cluster sampling dan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket minat dan pemanfaatan waktu belajar. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji t dengan tahapan uji normalitas, uji regresi linier sederhana dan korelasi product moment. Hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi (rxy = 0,68), dan koefisien determinasi sebesar 46,24% dengan taraf signifikan a = 5% kemudian diperoleh thitung = 7,92. Karena thitung lebih besar dari ttabel atau 7,92> 1,994 dengan demikian Ho ditolak. Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan terdapat pengaruh minat terhadap pemanfaatan waktu belajar fisika secara online di SMAN Banda Aceh.
Kata Kunci : Minat, Pemanfaatan Waktu Belajar Fisika Secara Online

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK