FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR REMAJA LAKI-LAKI PEROKOK DAN REMAJA LAKI-LAKI TIDAK PEROKOK DI SMA NEGERI 5 RNBANDA ACEH TAHUN 2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR REMAJA LAKI-LAKI PEROKOK DAN REMAJA LAKI-LAKI TIDAK PEROKOK DI SMA NEGERI 5 RNBANDA ACEH TAHUN 2013


Pengarang

Rahmayani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1307101040095

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

616.890 083 5

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEDOKTERAN
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

SKRIPSI
27 Mei 2013

VI Bab + 82 halaman + 16 tabel + 1 skema + 18 lampiran
RAHMAYANI
0907101060021


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR REMAJA LAKI-LAKI PEROKOK DAN REMAJA LAKI-LAKI TIDAK PEROKOK DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN 2013
ABSTRAK

Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non intelektual yang dapat menumbuhkan gairah, rasa senang dan semangat belajar. Kondisi siswa yang kurang stamina dan bergairah dapat dipengaruhi oleh zat-zat yang dikandung rokok. Merokok juga sering dihubungkan dengan remaja dengan nilai sekolah yang jelek, aspirasi yang rendah, absen sekolah, kemungkinan putus sekolah, rendah diri, suka melawan, dan pengetahuan tentang budaya merokok yang rendah. Motivasi belajar dapat timbul karena ada faktor yang mempengaruhinya, yaitu aspirasi, kemampuan, kondisi individu, kondisi lingkungan, dan unsur-unsur dinamis dalam pengajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar remaja laki-laki perokok dan remaja laki-laki tidak perokok di SMA Negeri 5 Banda Aceh 2013. Jenis penelitian adalah deskriptif komparatif. Desain penelitian cross sectional study melalui pendekatan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 78 responden yang terdiri dari 45 responden perokok dan 33 responden tidak perokok. Pengumpulan data dengan membagi kuisioner yang terdiri dari 32 item pernyataan dalam skala Guttman. Metode analisis data dengan menggunakan uji statistik Mann-Whitney, hasil penelitian adalah ada perbedaan aspirasi (P-value 0,01), kemampuan (P-value 0,046), kondisi siswa (P-value 0,00), kondisi lingkungan (P-value = 0,00) dan unsur-unsur dinamis dalam pengajaran (P-value = 0,01) pada remaja laki-laki perokok dan remaja laki-laki tidak perokok. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada remaja laki-laki perokok dan remaja laki-laki tidak perokok di SMA Negeri 5 Banda Aceh tahun 2013. Saran bagi remaja perokok agar dapat berhenti merokok dan meningkatkan motivasi belajar.


Kata kunci : Motivasi belajar, remaja, rokok
Daftar bacaan : 29 buku + 1 skripsi + 3 jurnal + 1 majalah + 2 internet

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK