Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR REMAJA LAKI-LAKI PEROKOK DAN REMAJA LAKI-LAKI TIDAK PEROKOK DI SMA NEGERI 5 RNBANDA ACEH TAHUN 2013
Pengarang
Rahmayani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1307101040095
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
616.890 083 5
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEDOKTERAN
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
SKRIPSI
27 Mei 2013
VI Bab + 82 halaman + 16 tabel + 1 skema + 18 lampiran
RAHMAYANI
0907101060021
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR REMAJA LAKI-LAKI PEROKOK DAN REMAJA LAKI-LAKI TIDAK PEROKOK DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN 2013
ABSTRAK
Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non intelektual yang dapat menumbuhkan gairah, rasa senang dan semangat belajar. Kondisi siswa yang kurang stamina dan bergairah dapat dipengaruhi oleh zat-zat yang dikandung rokok. Merokok juga sering dihubungkan dengan remaja dengan nilai sekolah yang jelek, aspirasi yang rendah, absen sekolah, kemungkinan putus sekolah, rendah diri, suka melawan, dan pengetahuan tentang budaya merokok yang rendah. Motivasi belajar dapat timbul karena ada faktor yang mempengaruhinya, yaitu aspirasi, kemampuan, kondisi individu, kondisi lingkungan, dan unsur-unsur dinamis dalam pengajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar remaja laki-laki perokok dan remaja laki-laki tidak perokok di SMA Negeri 5 Banda Aceh 2013. Jenis penelitian adalah deskriptif komparatif. Desain penelitian cross sectional study melalui pendekatan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 78 responden yang terdiri dari 45 responden perokok dan 33 responden tidak perokok. Pengumpulan data dengan membagi kuisioner yang terdiri dari 32 item pernyataan dalam skala Guttman. Metode analisis data dengan menggunakan uji statistik Mann-Whitney, hasil penelitian adalah ada perbedaan aspirasi (P-value 0,01), kemampuan (P-value 0,046), kondisi siswa (P-value 0,00), kondisi lingkungan (P-value = 0,00) dan unsur-unsur dinamis dalam pengajaran (P-value = 0,01) pada remaja laki-laki perokok dan remaja laki-laki tidak perokok. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada remaja laki-laki perokok dan remaja laki-laki tidak perokok di SMA Negeri 5 Banda Aceh tahun 2013. Saran bagi remaja perokok agar dapat berhenti merokok dan meningkatkan motivasi belajar.
Kata kunci : Motivasi belajar, remaja, rokok
Daftar bacaan : 29 buku + 1 skripsi + 3 jurnal + 1 majalah + 2 internet
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEBIASAAN MEROKOK REMAJA LAKI-LAKI DI KOTA BANDA ACEH (Ridha rahmatunnadi, 2022)
PENGARUH TINGKAT STRES TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI BANDA ACEH (rizki fitriyansyah, 2014)
PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA PEROKOK & NON PEROKOK DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Cut Dirna Armanda, 2018)
HUBUNGAN ANTARA JENIS KELAMIN, STRES DAN PERILAKU MEROKOK PADA DEWASA AWAL DI BANDA ACEH (Hasmelia Novriana, 2017)
HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN INTENSITAS PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI BANDA ACEH (Silvia Eva Juarni, 2016)