PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 56 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 56 BANDA ACEH


Pengarang

Nuril Khalis Rizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0706104040054

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : penerapan, model pembelajaran kooperatif, think pair share

Penelitian yang berjudul "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Keias IV SD Negeri 56 Banda Aceh" ini mengangkat masalah apakah melalui penerapan model kooperatif tipe TPS siswa di kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh dapat menguasai materi operasi hitung bilangan bulat dan bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan dan aktivitas siswa pacia materi operasi hitung bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Anggapan dasar dari penelitian ini adalah melalui penerapan model kooperatif tipe TPS siswa kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh dapat menguasai materi operasi hitung bilangan bulat. Populasi penelitian ini adaJab siswa kelas IVa dan IVb pada tahuo pelajaran 2012. Dari populasi tersebut diambil sampel yaitu siswa kelas IVb yang berjumlah 27 siswa. Penentuan sampel dilakukan secara random. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya eksperimeo semu. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes basil belajar yang clibe:rikan secara essay dan observasi aktivitas siswa. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus statistik uji t. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai tine yaitu 3,81 > 1,70 dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Lipe think pair share dapat membantu siswa di kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh menguasai materi operasi hitung bilangan bulat.












Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK