Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 56 BANDA ACEH
Pengarang
Nuril Khalis Rizal - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0706104040054
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata kunci : penerapan, model pembelajaran kooperatif, think pair share
Penelitian yang berjudul "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Keias IV SD Negeri 56 Banda Aceh" ini mengangkat masalah apakah melalui penerapan model kooperatif tipe TPS siswa di kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh dapat menguasai materi operasi hitung bilangan bulat dan bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan dan aktivitas siswa pacia materi operasi hitung bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Anggapan dasar dari penelitian ini adalah melalui penerapan model kooperatif tipe TPS siswa kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh dapat menguasai materi operasi hitung bilangan bulat. Populasi penelitian ini adaJab siswa kelas IVa dan IVb pada tahuo pelajaran 2012. Dari populasi tersebut diambil sampel yaitu siswa kelas IVb yang berjumlah 27 siswa. Penentuan sampel dilakukan secara random. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya eksperimeo semu. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes basil belajar yang clibe:rikan secara essay dan observasi aktivitas siswa. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus statistik uji t. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai tine yaitu 3,81 > 1,70 dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Lipe think pair share dapat membantu siswa di kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh menguasai materi operasi hitung bilangan bulat.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 56 BANDA ACEH (Nuril Khalis Rizal, 2021)
HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT RNKELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH (meutia, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Dahliana, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 71 BANDA ACEH (Azalia Chaira, 2014)