//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitria Mustika - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Model pembelajaran, CTL, prestasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemilihan pendekatan dan metode yang kurang tepat, umpan balik siswa pada guru yang masih rendah, media pembelajaran yang kurang menarik sehingga pembelajaranya monoton. Salah satu tugas guru adalah menciptakan suasana pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar dengan baik. Untuk mengatasinya, maka di perlukan upaya dari guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and learning (CTL). Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas Vlll SMP Negeri 3 Banda Aceh?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penerapan model CTL terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran [PS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceb. Pegumpulan data penelitian ini dilakukan melalui penelaahan terbadap buku dan karya ilmiah yang berkaitan dengan masalah penelitian serta observasi dan tes berupa pre-test dan pos-test. Untuk menganalisis data digunakan rumus t-test. Hasil pengolahan data diperoleh thitung 4,271, sedangkan ttabel pada taraf signifikan a = 0,05 dengan derajat kebebasan d.b = 27 -1= 26 yaitu 2,06. Hal ini berarti ta =4.271 > taa = 2,06 sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran CTL berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMPNEGERI 1 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN (Taufik hidayat, 2013)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 BANDAR DUA PIDIE JAYA TAHUN 2011-2012 (, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy