//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Indah Paranita - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation, hasil belajar Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation merupakan model pembelajaran yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan yang tersedia. Penelitiam tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui (1) Aktivitas guru dan siswa yang mencerminkan model pembelajaran Group Investigation; (2) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; (3) Penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tipe Group Investigation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMP Negeri 7 Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengar»atan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui model pembelajaran tipe Group Investigation. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian (1) Aktivitas guru dan siswa mnencerminkan pembelajaran Group Investigation, hal ini terlihat pada aktivitas guru dan siswa dalam membimbing dan berdiskusi dengan anggota kelompok dalam membuat perencanaan dan dalam membuat penyelidikan untuk membuat satu kesimpulan yang akan dipresentsikan bersama anggota kelompok; (2) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran koopertatif tipe Group Investigation meningkat dari katagori sedang menjadi sangat baik; (3) Persentase ketuntasan individual terjadi peningkatan dari siklus pertama 7I,87 persen; siklus kedua 84,38 persen; dan siklus ketiga 93,75 persen. Persentase ketuntasan klasikal juga terjadi peningkatan dari siklus pertama 60 persen; kedu 70 persen; dan ketiga 90 persen; (4) Respon siswa terbadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah 97 persen dari 32 siswa berpendapat bahwa belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi atmosfer, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geografi dalam materi atmosfer pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KEBUTUHAN MANUSIA KELAS X PADA SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA ARON (Yusmanizar, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (maisarah, 2014)

PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Jul Siga Putra, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Yustia Sari, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy