PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI REAKSI REDOKS DI MAN MODEL BANDA ACEH KELAS X TAHUN AJARAN 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI REAKSI REDOKS DI MAN MODEL BANDA ACEH KELAS X TAHUN AJARAN 2011/2012


Pengarang

FATIMAHWATI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0706103040012

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Kooperatif tipe TOT, reaksi redoks

Penelitian yang berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada materi reaksi redoks telah dilaksanakan di MAN Model Banda Aceh kelas X tahun ajaran 2011/2012. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pad.a materi reaksi redoks di MAN Model Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-8 yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada materi reaksi redoks secara klasikal mencapai 88,89%. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama 89,77% dan pada pertemuan kedua 94,3l %. Persentase positif tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TOT pada materi reaksi redoks adalah 83,33%, sedangkan persentase tanggapan negatif 16,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pernbelajaran kooperatif tipe TGT menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal dan aktivitas siswa sangat baik pada setiap pertemuan. Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah positif, sehingga disarankan untuk dapat diterapkan dalam proses kegiatan pembelajaran dengan materi yang sesuai.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK