//

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN BAHAN ALAM DALAM PEMBUATAN KOLASE PADA KELAS IV DI SDN 1 LAMBHEU ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SHELLA NADYA MANDIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mandira Nadya Shella. 2020. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pemanfatan Bahan Alam dalam Pembuatan Kolase pada Kelas IV di SDN 1 Lambheu Aceh Besar, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dra. Rosma Elly, M. Pd (2) Dra. Nurhaidah, M. Pd Kata Kunci: Strategi guru, kreativitas peserta didik, Pemanfaatan bahan alam, kolase Pembelajaran dengan pemanfaatan bahan alam yang ada di lingkungan sekitar, peserta didik akan lebih aktif, kreatif serta termotivasi dalam belajar. Kemudian dengan menggunakan bahan alam sebagai sumber belajar telah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar mencintai, peduli dan tanggap terhadap lingkungan. Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif. Subjek dalam penelitian guru kelas IV di SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah observasi dan wawancara, dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian strategi yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan kreativitas peserta didik melalui pembuatan kolase dari bahan kulit jagung adalah menggunakan pendekatan saintifik yaitu melalui langkah mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan kreativitas peserta didik melalui pemanfaatan bahan alam dalam pembuatan kolase adalah menggunakan pendekatan saintifik yang mana melalui langkah mengamati contoh kolase yang sudah jadi, memberikan kesempatan bertanya bagi peserta didik, mangajak peserta didik mencoba membuat kolase, membimbing peserta didik dalam proses pembuatan kolase, dan meminta peserta didik mempresentasikan hasil karyanya. Melalui penerapan langkah-langkah pendekatan saintifik guru dapat mengembangkan karakteristik peserta didik agar memiliki ciri-ciri kreativitas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KARYA KOLASE DI KELAS IV SD NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH (DELIA ELVIRA, 2019)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KARYA KOLASE PADA PEMBELAJARAN SBDP DI KELAS IV SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Ira Damayanti, 2021)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MEMBUAT KARYA KOLASE DI KELAS IV SD NEGERI PANTE KAREUNG ACEH BESAR (FITRIA UTARI, 2020)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI KARYA KOLASE DARI BAHAN ALAM DI KELAS IV SD NEGERI LAMREUNG KABUPATEN ACEH BESAR (MARLENA, 2021)

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBUAT KARYA KOLASE DENGAN PEMANFAATAN PELEPAH PISANG KERING MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH (RISMA YANTI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy