PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FUNGSI EKSPONENSIAL DAN LOGARITMA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FUNGSI EKSPONENSIAL DAN LOGARITMA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA


Pengarang

MAILIS TRIANA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200160001

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Mailis Triana. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fungsi Eksponensial dan Logaritma Berbantuan Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.
Kemampuan komunikasi matematis meliputi kemampuan menyatakan suatu ide matematika melalui tulisan, bahasa, gambar, grafik serta bentuk visual lain. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting bagi siswa. Kemampuan komunikasi matematis dapat dikembangkan melalui perangkat pembelajaran dengan pendekatan BBL berbantuan software Autograph. Namun, perangkat pembelajaran ini belum tersedia, sehingga perlu upaya untuk membantu guru dengan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan BBL berbantuan software Autograph. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran Fungsi Eksponen dan Logaritma dengan pendekatan BBL berbantuan software Autograph yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pemgembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri atas fase investigasi awal, perancangan, dan penilaian. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas X SMA Laboratorium School Unsyiah. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu buku panduan, RPP, LAS dan TKKM. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar analisis kebutuhan, lembar validasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan, lembar observasi siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, lembar TKKM, angket respon siswa dan guru. Data yang diperoleh dari fase investigasi awal, perancangan dan penilaian dianalisis secara deskriprif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran Fungsi Eksponen dan Logaritma dengan pendekatan BBL berbantuan Autograph memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa
Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Fungsi Eksponen, Fungsi Logaritma, Pendekatan Brain-Based Learning, Autograph , komunikasi matematis.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK