GAMBARAN HISTOLOGI HEPATOPANKREAS UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) SETELAH PEMBERIAN RAGI DAN BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

GAMBARAN HISTOLOGI HEPATOPANKREAS UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) SETELAH PEMBERIAN RAGI DAN BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL)


Pengarang

CHAIRANI ANISA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1602101010166

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Hepatopankreas adalah salah satu organ yang dapat digunakan sebagai indikator untuk mengenali kondisi kesehatan udang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran histologi hepatopankreas udang windu (Penaeus monodon) setelah pemberian probiotik ragi dan bakteri asam laktat. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 kelompok perlakuan, yaitu pemberian RABAL dosis 0 ml/15L air laut; 37,5 ml/15L air laut; 75 ml/15L air laut; dan 113,3 ml/15L air laut dan 3 kali pengulangan. Pemberian probiotik RABAL dilakukan selama 30 hari masa pemeliharaan. Sampel dikoleksi setiap 10 hari dan di masukkan dalam larutan Davidson. Pemeriksaan histologi hepatopankreas dilakukan dengan pewarnaan hematoksilin-eosin (HE). Hasil pengamatan histologi dianalisis dengan uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan perubahan struktur hepatopankreas pada udang berupa melisutnya membran hepatopankreas, dan dijumpai vakuolisasi. Disimpulkan bahwa tidak terjadi perubahan yang signifikan pada hepatopankreas udang windu yang diberikan probiotik RABAL selama 30 hari.

Kata Kunci: Hepatopankreas, udang, probiotik, vakuolisasi, RABAL

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK