//

UJI KUAT TEKAN BATA INTERLOCK DENGAN MENGGUNAKAN TANAH DIATOMAE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmad Ramadhan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bata interlock sering disebut juga bata berkait, bertautan atau saling mengunci dan memiliki keunggulan yang dapat menggantikan pekerjaan struktural seperti pekerjaan sloof, kolom, dan ring balk yang tidak perlu dilakukan plasteran atau pengecatan sehingga menghemat waktu dan biaya. Tujuan penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui kuat tekan berdasarkan pengujian bata interlock dengan jenis FAS dan komposisi campuran tanah diatomae yang dapat diklasifikasikan berdasarkan tingkatan mutu yang sesuai dengan SNI 03-0349-1989. Faktor air semen (FAS) yang digunakan terdiri dari 3 (tiga) variasi yaitu FAS 0,3; 0,4; dan 0,5. Pencetakan bata interlock berukuran 30 cm x 20 cm x 10 cm dirawat selama 28 hari di industri bata interlock dan akan dipotong menjadi ukuran 5 cm x 5 cm x 5 cm sebagai benda uji pada pengujian kuat tekan yang dilakukan guna memperoleh nilai kuat tekan maksimum dan mengklasifikasikannya pada tingkatan mutu bata beton berlubang SNI 03-0349-1989. Dengan adanya nilai kuat tekan yang diperoleh dapat dibuktikan bahwa kuat tekan maksimum bata interlock dengan menggunakan campuran tanah diatomae mencapai 71,17 kg/cm² terdapat pada FAS 0,5 dari perbandingan campuran 1:1:4 (1 semen: 1 tanah: 4 pasir). Bata interlock dengan campuran 1:1:4 dapat diklasifikasikan dalam mutu beton berlubang tingkat I yang digunakan untuk pekerjaan dinding struktur yang mampu memikul beban dan tidak terlindungi (diluar atap). Sedangkan nilai kuat tekan minimum terdapat pada benda uji FAS 0,4 campuran 1:4:3 (1 semen: 4 tanah: 3 pasir) dengan nilai kuat tekan yang dihasilkan sebesar 22,84 Kg/ dan termasuk dalam tingkatan mutu IV SNI 03-0349-1989 yang dapat digunakan untuk dinding yang tidak memikul beban dan terlindungi dari hujan maupun terik matahari (dibawah atap). Kata Kunci: Kuat Tekan, Mutu Beton, FAS, Diatomae

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KARAKTERISTIK BATU BATA RINGAN DARI TANAH DIATOMAE (Zikratul Rhina, 2019)

PENGARUH PENAMBAHAN GIPSUM TERHADAP KARAKTERISTIK BATA RINGAN BERBAHAN DASAR TANAH DIATOMAE (PUTRI ADNIN, 2018)

UJI KUAT TEKAN BATA INTERLOCK DENGAN VARIASI FAS 0,3; 0,4 DAN 0,5 PADA CAMPURAN PEMBENTUKNYA. (Saidi Haboby, 2020)

APLIKASI TANAH DIATOMAE SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN DAN BAHAN TAMBAH TERHADAP SIFAT MEKANIS BETON NORMAL (SRI HANDAYANI, 2018)

STUDI KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR PASTA SEMEN CAMPURAN DENGAN TANAH DIATOMAE (Sri Hayati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy