//

PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) BERDASARKAN ALAT BENKELMAN BEAM (STUDI KASUS JALAN LIPAT KAJANG STA 0+000 - 5+800 KOTA SUBULUSSALAM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TEUKU ZAWIL ISFIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jalan merupakan sarana transportasi yang berfungsi menghubungkan berbagai tempat dan juga sebagai sarana distribusi barang dan jasa untuk menunjang aksesbilitas. Mengingat peranan infrastruktur jalan sangatlah penting maka perlu adanya dilakukan penilaian dan pemeliharaan (maintenance) baik perawatan rutin maupun perawatan berkala. Salah satu pemeliharaan rutin seperti lapis tambah (overlay). Ruas Jalan Lipat Kajang yang terletak di Kota Subussalam Kecamatan Simpang Kanan merupakan salah satu jalan kolektor berdasarkan fungsinya. Ruas jalan tersebut sudah mengalami penurunan pelayanan karena telah mengalami kerusakan yang secara fisik terlihat dari permukaan jalan yang sudah mengelami pengausan material, retak halus (hair cracking), adanya retak kulit buaya (alligator cracking), dan berlobang (pathole). Untuk itu perlu dilakukan pengecekan dan penilaian perkerasan. Tujuan di adakan penelitian ini untuk mengetahui besar lendutan balik pada struktur perkerasan jalan, dan merencanakan tebal lapis tambah (overlay) berdasarkan metode lendutan menggunakan alat Benkelman Beam dengan umur rencana 10 tahun. Pengolahan data mengacu pada metode Pd T-05-2005-B dan sebagai pembanding digunakan metode Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017. Untuk pengambilan data lapangan berpedoman pada SNI 2416-2011-BB. Berdasarkan pengujian ini didapat nilai lendutan balik rata- rata (dR) sebesar 0,108 segmen I dan segmen II sebesar 0,160, LHR sebesar 1,96x106 ESA5 dan hasil analisis perhitungan overlay untuk metode Pd T-05-2005-B untuk segmen II sebesar 10 mm dan segmen II sebesar 70 mm, sedangkan untuk metode Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 untuk segmen I sebesar 10 mm dan segmen II sebesar 70 mm tebal untuk deformasi permanen dan 90 mm tebal maksimun untuk mencegah retak lelah (fatigue).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) BERDASARKAN ALAT BENKELMAN BEAM (STUDI KASUS JALAN LIPAT KAJANG STA 0+000 - 5+800 KOTA SUBULUSSALAM) (TEUKU ZAWIL ISFIA, 2021)

STUDI PENYEBAB TERJADINYA PENURUNAN BADAN JALAN PADA KM 605+400 RUAS JALAN SUBULUSSALAM – LIPAT KAJANG DENGAN PENANGANAN PONDASI CAKAR AYAM MODIFIKASI (CAM) (ALIMUNIR, 2020)

IDENTIFIKASI SIFAT DISPERSIF TANAH DENGAN UJI PINHOLE UNTUK MENGETAHUI MASALAH ERODIBILITAS (STUDI KASUS STA. 670+250 JALAN LIPAT KAJANG - KABUPATEN ACEH SINGKIL) (Ontang Maruli Siregar, 2015)

ANALISIS DAMPAK BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS JALAN NASIONAL LINTAS TIMUR ACEH) (Syafriana, 2015)

PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN ELAK IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA TAHUN 2017 (Wahyu Ikramullah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy