Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR KELAS VI SD ATONG ACEH BESAR
Pengarang
Afrida - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0706104130599
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata Kunci: Peningkatan basil belajar dao Model pembelajaran kooperatif.
Masalah yang ditemukan pada siswa di SD Atong Aceh Besar adalah siswa cenderung pasif dalam belajar sendiri-sendiri (tidak berani berdiskusi) pada saat kegiatan belajar. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan IPA yang antara lain berupaya untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk bekerja sama, berfikir kritis dan pada saat yang sama meningkatkan prestasinya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif; (2) mengetahui kemampuan siswa di SD Negeri Atong Montasik Aceh Besar dalam mencapai indikator setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pada konsep konduktor dan Isolator di SD Negeri Atong Aceb Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research), dengan langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adaJah siswa kelas VI SD Atong Aceh Besar yang berjumlah 21 orang (1 kelas). Pengumpulan data daJam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan: (1) lembar aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran kooperatif; (2) lembaran evaluasi. Data tcrsebut dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru dan siswa dalam KBM telah mencerminkan penerapan model pembelajaran kooperatif; dan (2) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, secara presentase diperoleh siswa pada siklus I dari 40% menjadi 61,90%, siklus II dari 44,76% menjadi 75,24%, siklus III dari 42,86% dari 80%.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA KONSEP PERUBAHAN SIFAT BENDA KELAS V DI SD ATONG ACEH BESAR (Elva Fauziana, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Husni Loili, 2013)
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS VII SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Dovran Abdyrahmanov, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Dahliana, 2014)
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LAMCOT (THOMAS HERMANTO, 2014)