//

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR KELAS VI SD ATONG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afrida - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Peningkatan basil belajar dao Model pembelajaran kooperatif. Masalah yang ditemukan pada siswa di SD Atong Aceh Besar adalah siswa cenderung pasif dalam belajar sendiri-sendiri (tidak berani berdiskusi) pada saat kegiatan belajar. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan IPA yang antara lain berupaya untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk bekerja sama, berfikir kritis dan pada saat yang sama meningkatkan prestasinya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif; (2) mengetahui kemampuan siswa di SD Negeri Atong Montasik Aceh Besar dalam mencapai indikator setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pada konsep konduktor dan Isolator di SD Negeri Atong Aceb Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research), dengan langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adaJah siswa kelas VI SD Atong Aceh Besar yang berjumlah 21 orang (1 kelas). Pengumpulan data daJam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan: (1) lembar aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran kooperatif; (2) lembaran evaluasi. Data tcrsebut dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru dan siswa dalam KBM telah mencerminkan penerapan model pembelajaran kooperatif; dan (2) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, secara presentase diperoleh siswa pada siklus I dari 40% menjadi 61,90%, siklus II dari 44,76% menjadi 75,24%, siklus III dari 42,86% dari 80%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA KONSEP PERUBAHAN SIFAT BENDA KELAS V DI SD ATONG ACEH BESAR (Elva Fauziana, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Husni Loili, 2013)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS VII SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Dovran Abdyrahmanov, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Dahliana, 2014)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LAMCOT (THOMAS HERMANTO, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy