//

ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (SUATU STUDI DI SMP NEGERI I SIMPANG TIGA ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aslamah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, basil belajar siswa Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalab pembelajaran yang lebib menekan pada kegiatan belajar kelompok, dimana siswa secara aktif melakukan diskusi, kerja sama saling membantu dengan semua anggota kelompok mempunyai peran dan tangung jawab yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran koopertif tipe STAD dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran tipe STAD dalam mata pelajaran IPS Ekonomi. Anggapan dasar dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran merupakan salab satu komponen pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar. Sedangkan hipotesisnya adalah diduga bahwa basil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran koopertif tipe STAD. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan 2 (dua) cara : (1) penelitian kepustakaan (2) Penelitian lapangan terdiri dari observasi, wawancara, dan tindakan dengan memberikan tes awal dan tes akhir kepada siswa-siswi. Metode pengolahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan statistik uji-t. Dimana apabila tolak Ho dan terima Ha jika = thitung >_ttable , terima Ho dan tolak Ha jika = thitung < t table. Berdasarkan basil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam mata pelajaran ekonomi. Dilihat dari hasil pengujian hipotesis ternyata terbukti bahwa diperoleh t at =3,71 dan t table dengan taraf signifikasi a = 0,05 dan dk = 48 diperoleh t 0,90 (48) =1.30 sehingga diperoleh t hitung > t table maka tolak Ho dan terima Ha pada signifikan a =0,05. Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditunjuk dengan nilai rata-rata yang lebih tinggi yaitu 71,02 untu.k kelas eksperimen dan 57,04 untuk kelas kontrol.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (SUATU STUDI DI SMP NEGERI I SIMPANG TIGA ACEH BESAR) (Aslamah, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII/2 PADA SMP NEGERI 3 BAKTIYA KECAMATAN BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA (Muhammad Dahlan, 2021)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII/4 SMP NEGERI 2 PASIE RAJA, ACEH SELATAN (JAMHUR, 2014)

ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (SUATU STUDI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH) (Yusnidawati, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 BANDAR DUA PIDIE JAYA TAHUN 2011-2012 (, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy