ANALISIS STRATEGI PEMBINAAN PRESTASI ATLET PPLP DISPORA ACEH TAHUN 2020 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS STRATEGI PEMBINAAN PRESTASI ATLET PPLP DISPORA ACEH TAHUN 2020


Pengarang

NANDA KARTIKA PONNA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104020010

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) / PDDIKTI : 85201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kartika Ponna, Nanda 2020. Analisis Strategi Pembinaan Prestasi Atlet PPLP
Dispora Aceh Tahun 2020 Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dr. Mansur, M.Kes., (2) Drs. Abdurrahman, M.Kes.,

Kata Kunci: Analisis, Strategi, Pembinaan Prestasi, Atlet.

Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) merupakan sekolah pembibitan olahraga nasional, yang digunakan untuk mencari dan membina bakat olahraga pada usia sekolah dengan potensi bakat untuk dikembangkan. Hal ini memerlukan sebuah proses dengan menggunakan berbagai tolak ukur, sehingga calon atlet yang masuk dan diterima sebagai atlet pelajar di PPLP betul-betul dihasilkan dari tingkat kompetitor yang ketat dan diperoleh melalui sebuah kompetisi yang terencana, tertatur dan berkelanjutan. Keberadaan PPLP adalah bentuk pembinaan atlet secara berkelanjutan dan berkesinambungan sebagai salah satu upaya untuk mengaktifkan dan mengintensifkan latihan yang dilakukan oleh pelatih.. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi pembinaan prestasi Atlet PPLP Dispora Aceh tahun 2020. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kabid pembibitan, Kasi pembibitan pelajar, santri dan mahasiswa, pengurus asrama, pelatih dan juga 15 orang atlet. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu wawancara dan data dokumentasi.
Data diolah menggunakan (1) Koleksi data, (2) Reduksi Data, (3) Penyajian Data, dan (4) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian berupa wawancara dapat disimpulkan bahwa secara umum pembinaan prestasi atlet PPLP Dispora Aceh sudah berjalan sesuai rencana dimana visi dan misi dijalankan dengan baik. Seluruh atlet mengetahui apa visi dan misi dari pembinaan tersebut, seluruh pengurus bekerja dengan baik dibidangnya masing-masing, mulai dari pembina hingga keamanan di asrama. Setiap tahun mereka merekrut atlet-atlet terbaik di Aceh sehingga pembinaan di dukung oleh atlet yang sudah ada potensi. Perekrutan pelatih juga menjadi salah satu faktor terpenting untuk pembinaan, dimana pelatih yang kompeten juga dapat mendorong prestasi atlet untuk maju lebih baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK