//

TINDAK PIDANA YANG TIDAK MELAPORKAN ADANYA PENGUASAAN DAN PENYIMPANAN NARKOTIKA JENIS SABU (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI SIGLI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD AL-ASFARAINI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK TINDAK PIDANA YANG TIDAK MELAPORKAN ADANYA PENGUASAAN DAN PENYIMPANAN NARKOTIKA JENIS SABU (Suatu Penelitian di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Sigli) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (vi, 53), pp.,tabl.,bibl. Mukhlis, S.H., M.Hum,. Pasal 131 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, disebutkan bahwa Setiap orang yang dengan sengaja tidak melaporkan adanya tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 111, Pasal 112, Pasal 113, Pasal 114, Pasal 115, Pasal 116, Pasal 117, Pasal 118, Pasal 119, Pasal 120, Pasal 121, Pasal 122, Pasal 123, Pasal 124, Pasal 125, Pasal 126, Pasal 127 ayat (1), Pasal 128 ayat (1), dan Pasal 129 dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau pidana denda paling banyak Rp.50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah). Namun terdapat tindak pidana yang tidak melaporkan adanya penguasaan dan penyimpanan narkotika jenis sabu di wilayah hukum Pengadilan Negeri Sigli. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan pelaku tindak pidana tidak melaporkan adanya penguasaan dan penyimpanan narkotika jenis sabu, pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman pidana penjara yang berbeda dan upaya untuk menanggulangi terjadinya tindak pidana tidak melaporkan adanya penguasaan dan penyimpanan narkotika jenis sabu. Data dalam penelitian skripsi ini diperoleh dari penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara membaca buku-buku teks, dan peraturan perundang-undangan. Penelitian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai responden dan informan. Hasil penelitian adapun faktor terjadinya ialah kurangnya pengawasan dan sosialisasi dari aparat penegak hukum, pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman bervariasi karena pelaku awam dalam pengetahuan dan tidak pernah terlibat dalam kasus pidana sebelumnya, adapun upaya represif dan preventif yang harus dilakukan ialah, setiap indikasi pelanggaran dilakukan penyelidikan dan penyidikan melakukan rehabilitas jalan terhadap pelaku dan melakukan penindakan langsung oleh aparat penegak hukum di wilayah hukum pengadilan negeri sigli. Disarankan untuk Badan Narkotika Nasional lebih peduli terhadap sosialisasi dan meningkatkan pengawasan kepada masyarakat tentang pencegahan narkotika yang terjadi di wilayah hukum pengadilan negeri sigli, dalam menjatuhi hukuman terhadap pelaku tindak pidana alasan pemberat menjadi pertimbangan pokok agar hukuman dijatuhkan maksimal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINDAK PIDANA DENGAN SENGAJA TIDAK MELAPORKAN ADANYA TINDAK PIDANA NARKOTIKA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI LANGSA) (M RIKI ZULHELMI, 2021)

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA JENIS SABU (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI KUALA SIMPANG) (NEILUL MUNA, 2020)

TINDAK PIDANA PEMAKAIAN NARKOTIKA GOLONGAN I JENIS SABU YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI JANTHO) (MUHD. RIZKI LAZUARDI ABDALLAH, 2021)

SENGAJA TIDAK MELAPORKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA OLEH ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BIREUEN) (SURI NISWATI, 2019)

PENERAPAN PIDANA PENJARA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PECANDU NARKOTIKA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI MEUREUDU) (TEUKU DHAFIR, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy