//

PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (SUATU PENELITIAN PADA SISWA SMP NEGERI 8 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lenawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Remedial teaching adalah suatu bantuan yang diberikan oleh guru dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar guna untuk mencapai suatu situasi yang memungkinkan siswa mampu mengembangkan dirinya seoptimal mungkin sehingga memenuhi kriteria prestasi belajar yang diharapkan. Guru bertanggung jawab untuk berupaya membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Keberhasilan siswa adalah harapan semua pihak. Namun pada kenyataannya masih ada siswa yang berprestasi rendah, tidak menguasai materi pelajaran dan tinggal kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh remedial teaching terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematik. Penelitian dilakukan pada tanggal 5 s/d 20 Oktober 2006. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III, pemilihan sampel dalam penelitian ini seluruh siswa yang mengikuti remedial teaching. Yaitu 49 orang dalam bidang studi Bahasa Indonesia, 56 orang dalam bidang studi Bahasa lnggris dan 65 orang dalam bidang studi Matematika. Penelitian ini mengpunakan metode deskriprif .kuantitatif, teknik pengumpulan data adalah dokumentas, dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakah Uji Beda,dapat dirincikan sebagai berikut : Bahasa Indonesia memiliki nilai uji t -13,64 pada taraf signifikan a = 0,05, Bahasa Inggris memiliki nilai uji t sebesar -12,44 pada taraf signifikan a = 0,05 dan Matematika memiliki nilai uji t sebesar -16,5 pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa remedial teachmg sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (SUATU PENELITIAN PADA SISWA SMP NEGERI 8 BANDA ACEH) (Lenawati, 2021)

PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING DI SD NEGERI LAMREUNG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (NURLELA, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH (, 2013)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN. (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH) (Nuraliah, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy