//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBEJALARAN GEOGRAFI DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desy Hardianti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata lrunci : Model Problem Based Learning, Metode Konvensional Guru geografi dituntut memiliki keterampilan mengelola kegiatan pembelajaran secara kreatif dan inovatif, sebab jika guru berhasil menerapkan suasana yang membuat siswa termotivasi, aktif, dan kreatif dalam belajar, kemungkinan meningkatnya hasiJ belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa belajar aktif dan kreatif adalah melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL). Dalam model ini siswa bekerja dalam kelompok heterogen dengan jumlah siswa 6 orang perkelompok. DaJam kelompok ini siswa dimin ta membaca, membuat catatan kecil, menjelaskan, mendengarkan dan membagi ide bersama teman kemudian mengungkapkannya dalam bentuk. laporan atau tulisan. Permasal ahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan basil belajar siswa pada pembelajaran geografi di kelas VII pada materi keragaman bentuk muka bumi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa geografi di kelas VII MTsN Rukoh. Pendekatan pada penetitian ini adalah menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTsN Rukoh Banda Aceh yang berjumlab 162 siswa. Sampel di ambil 2 kelas yaitu kelas VII, sebagai kelas eksperimen dan VII, sebagai kelas kontrol. Untuk kelas eksperi:men menggunakan model pembelajaran PBL, sedangkam untuk kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran PBL. Data diperoleh dengan memberikan pre test dan post test pada kedua kelas dengan soal yang sama. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifik an a= 0,05 atau 5% dengan derajat kebebasan (dk) 64, diperoleh tase I,67, dan tine4,49. Dari hasil pengolahan data ternyata thitung > tabel sehingga H ditolah dan H, diterima. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL labih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran PBL.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Mita Prancinitia, 2018)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (RIZKA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMAN 2 BANDA ACEH (M FADHLURRAHMAN, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X-IS1 SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Nurhadiyah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy