100%, dikarenakan masing-masing siswa mengalami kesulitan yang berbeda-beda, bahkan ada siswa yang mengalami ketiga jenis kesulitan tersebut. Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya kesulitan siswa kelas IV SD Negeri 57 Banda Aceh dalam menyelesaikan soal cerita adalah intelegensi yang rendah, siswa lupa konsep/rumus- rumus, siswa kurang menguasai teknik dalam menyelesaikan soal cerita matematika, kurangnya rninat motivasi siswa dalam belajar matematika. Disarankan kepada siswa untuk lebih teliti dalam memahami soal cerita matematika, agar tidak terjadi kesalahan dalam menjabarkan jawaban. " /> //

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 57 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Hawa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Kesulitan siswa, operasi pecahan Penelitian yang berjudul "Analisis Kesulitan Siswa Dalarn Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 57 Banda Aceh" ini mengangkat masalah bagaimana kesulitan yang dihadapi siswa dan faktor- faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi Operasi Pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan- kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Operasi Pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 57 Banda Aceh sebanyak 15 orang. Metode yang digunakan metode deskriptif yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara, dimana pengelolahan data menggunakam rumus persentase untuk melihat tingkat kemampuan siswa sehingga dapat diketahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi pecahan. Dari hasil wawancara diperoleh informasi bahwa siswa mengalarni kesulitan dalam memahami konsep, operasi hitung dan menyelesaikan soal cerita. Dari hasil penelitian menunjukkan siswa yang mengalami kesulitan konsep 26,6%, kesulitan operasi hitung 40%, dan kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita 40%. Jumlah persentase tingkat kesulitan siswa> 100%, dikarenakan masing-masing siswa mengalami kesulitan yang berbeda-beda, bahkan ada siswa yang mengalami ketiga jenis kesulitan tersebut. Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya kesulitan siswa kelas IV SD Negeri 57 Banda Aceh dalam menyelesaikan soal cerita adalah intelegensi yang rendah, siswa lupa konsep/rumus- rumus, siswa kurang menguasai teknik dalam menyelesaikan soal cerita matematika, kurangnya rninat motivasi siswa dalam belajar matematika. Disarankan kepada siswa untuk lebih teliti dalam memahami soal cerita matematika, agar tidak terjadi kesalahan dalam menjabarkan jawaban.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Fahmi Chairurozika Lubis, 2021)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA KELAS V SD NEGERI 33 KOTA BANDA ACEH (Intan Mulia, 2014)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Nurul Amalia, 2015)

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PENGUKURAN SATUAN WAKTU DI KELAS IV RNSD NEGERI LAMREUNG (Lena Arsalna, 2014)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy