ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 57 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 57 BANDA ACEH


Pengarang

Siti Hawa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806104040146

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: Kesulitan siswa, operasi pecahan

Penelitian yang berjudul "Analisis Kesulitan Siswa Dalarn Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 57 Banda Aceh" ini mengangkat masalah bagaimana kesulitan yang dihadapi siswa dan faktor- faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi Operasi Pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan- kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Operasi Pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 57 Banda Aceh sebanyak 15 orang. Metode yang digunakan metode deskriptif yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara, dimana pengelolahan data menggunakam rumus persentase untuk melihat tingkat kemampuan siswa sehingga dapat diketahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi pecahan. Dari hasil wawancara diperoleh informasi bahwa siswa mengalarni kesulitan dalam memahami konsep, operasi hitung dan menyelesaikan soal cerita. Dari hasil penelitian menunjukkan siswa yang mengalami kesulitan konsep 26,6%, kesulitan operasi hitung 40%, dan kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita 40%. Jumlah persentase tingkat kesulitan siswa>
100%, dikarenakan masing-masing siswa mengalami kesulitan yang berbeda-beda, bahkan ada siswa yang mengalami ketiga jenis kesulitan tersebut. Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya kesulitan siswa kelas IV SD Negeri 57 Banda Aceh dalam menyelesaikan soal cerita adalah intelegensi yang rendah, siswa lupa konsep/rumus- rumus, siswa kurang menguasai teknik dalam menyelesaikan soal cerita matematika, kurangnya rninat motivasi siswa dalam belajar matematika. Disarankan kepada siswa untuk lebih teliti dalam memahami soal cerita matematika, agar tidak terjadi kesalahan dalam menjabarkan jawaban.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK