//

HUBUNGAN FREKUENSI PENGGANTIAN PEMBALUT DENGAN IRITASI GENITALIA EKSTERNA SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MEGA DEFINA PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pasar menawarkan berbagai macam jenis sanitary product guna memenuhi kebutuhan ketika menstruasi, satu diantaranya adalah pembalut sekali pakai yang dipilih oleh 80,9% wanita sebagai jenis sanitary product pilihan. Di Indonesia, sebanyak 63 juta remaja di indonesia beresiko melakukan perilaku tidak sehat, termasuk kurangnya menjaga kebersihan organ reproduksi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan frekuensi penggantian pembalut dengan iritasi genitalia eksterna saat menstruasi. Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan potong lintang (cross sectional). Penelitian dilakukan pada tiga sekolah di kota Banda Aceh dengan jumlah sampel sebanyak 226 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan media google form. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan terdapat adanya hubungan antara frekuensi penggantian pembalut dengan kejadian iritasi genitalia eksterna saat menstruasi (P = 0,000) dengan kekuatan hubungan kuat dan sifat hubungan searah (r = 0,293). Hubungan signifikan pada taraf signifikansi 0.01. Sebagaimana hasil penelitian ini, diharapkan para stakeholder meningkatkan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi dan dampaknya terhadap kesehatan, serta meningkatkan sarana prasarana sanitasi yang menunjang. Kata kunci : Pembalut sekali pakai, Iritasi Genitalia Eksterna, Remaja

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN REPRODUKSI REMAJA PUTRI DENGAN UPAYA MENJAGA KEBERSIHAN SAAT MENSTRUASI DI PESANTREN DARUL IMARAH ACEH BESAR (RISKA PHONNA, 2018)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUAL HYGIENE DENGAN PERILAKU REMAJA PUTRI SAAT MENTRUASI DI MTSN 1 INDRAPURI (Nia Fitria, 2016)

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DARUSSA’ADAH DAN PANTI SOS DESA TARUNA KABUPATEN ACEH BESAR (Rita Melisa, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE DI MIN RUKOH BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (MUTIA, 2014)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA PUTRI PADA SAAT MENSTRUASI DI MAN RUKOH BANDA ACEH TAHUN 2014 (Mazra Ulfa Ardiani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy