//

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INQUIRY BERBASIS HANDOUT MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKPENGARUH PENERAPAN STRATEGI INQUIRY BERBASIS HANDOUT MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMA NEGERI 1 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Hariani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Motivasi merupakan faktor penting yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Motivasi belajar yang rendah tidak menunjukkan hasil belajar yang baik. Rendahnya motivasi dan hasil belajar merupakan salah satu masalah yang sering terjadi dalam proses pembelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui inovasi proses pembelajaran. Strategi pembelajaran inquiry yang dipadu dengan handout multimedia interaktif merupakan salah satu inovasi yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian apakah penerapan strategi inquiry berbasis handout multimedia interaktif berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan desain Pretest Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian 60 peserta didik yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 30 peserta didik dan kelompok kontrol 30 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/ 2020 di salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Indonesia. Parameter yang diukur yaitu motivasi dan hasil belajar kognitive peserta didik. Data motivasi dan hasil belajar dianalisis dengan uji statistik parametrik menggunakan Analisis Kovarian (ANKOVA) dan uji kolerasi regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi inquiry berbasis handout multimedia interaktif berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Terdapat hubungan yang positif antara motivasi dengan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Inquiry, Handout Multimedia Interaktif, Motivasi, dan Hasil Belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Camelia, 2019)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF MATERI SISTEM GERAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (SHAHIBATUL KHAIRA, 2021)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PETA KONSEP INTERAKTIF PADA MATERI FILUM CHORDATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN DI KABUPATEN NAGAN RAYA. (ZAINUL ARIFIN, 2020)

PENERAPAN MODUL BERBASIS FREE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN BIREUEN (Mardani, 2021)

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Rahmatia Ulfa, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy