//

PENGARUH KADAR D-DIMER DAN JUMLAH LIMFOSIT ABSOLUT TERHADAP LAMA RAWATAN DAN MORTALITAS PASIEN COVID-19 DI RICU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dr. Stanley Irwanto Bahry - Personal Name

Abstrak/Catatan

Latar belakang. Pandemi Coronavirus disease-2019 (COVID-19) telah menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Diperkirakan 3-5% dari kasus global memerlukan perawatan kritis dengan tingkat mortalitas berkisar antara 50-65%. Peran sistem imun terutama limfosit dan faktor koagulasi dalam hal ini kadar D-dimer memiliki hubungan yang erat dengan patogenesis COVID-19. Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar D-dimer dan Jumlah Limfosit Absolut terhadap lama rawatan dan mortalitas pasien COVID-19 gejala berat dan kritis yang dirawat diruang RICU RSUDZA Banda Aceh. Metode penelitian. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan observasional analitik. Design penelitian adalah cross sectional. Sampel dikumpulkan dengan metode total sampling dan mengambil data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah uji Spearman dan Chi-Square untuk uji hubungan dan analisis Regresi Logistik Biner untuk uji pengaruh. Hasil penelitian. Kadar D-dimer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mortalitas, p-value = 0,030. Semakin tinggi Kadar D-dimer maka kemungkinan pasien mengalami kematian semakin meningkat. Nilai cut off D-dimer yang didapat dalam penelitian ini adalah 2173,0 ng/ml (median). Kadar D-dimer >2173,0 ng/ml memiliki risiko kematian 1,52 kali lebih tinggi dibandingkan kadar D-dimer 2173,0 ng/ml memiliki risiko kematian 1,52 kali lebih tinggi dibandingkan kadar D-dimer

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN JUMLAH NETROFIL ABSOLUT DAN KADAR D-DIMER TERHADAP DERAJAT KEPARAHAN PNEUMONIA BERDASARKAN CURB-65 PADA PASIEN PNEUMONIA KOMUNITAS (Rivi wahyuni, 2015)

HUBUNGAN KADAR NEUTROPHIL LIMFOSIT RATIO DENGAN DERAJAT KEPARAHAN PENYAKIT COVID-19 DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Devi Efina, 2021)

PERAN KADAR BERSIHAN LAKTAT SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS SEPULUH HARI PERTAMA PADA PASIEN SEPSIS BERAT DI RSUD. DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Maulina Debbyousha, 2015)

HUBUNGAN GAMBARAN KLINIS DENGAN RADIOGRAFI TORAKS PADA PASIEN YANG TERKONFIRMASI AWAL COVID-19 DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (JIHAN ALMIRA, 2021)

RASIO NEUTROFIL TERHADAP LIMFOSIT SEBAGAI PREDIKTOR AMPUTASI PADA PASIEN KAKI DIABETIK YANG TERINFEKSI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Syamsul Bahri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy