PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN RUKOH KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN RUKOH KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Ernidar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0161310012

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pengajaran langsung (Direct Instruction) dalam pembelajaran biologi di MAN Rukoh Kota Banda Aceh dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar ketika model tersebut diterapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II IPA MAN Rukoh Kota Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 51 orang dan yang terpilih sebagai sampel adalah siswa kelas II IPA 2 dengan menggunakan teknik purposive sampel. Data diperoleh dari hasil nilai pre test dan post test serta lembaran aktivitas guru dan siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji-t. Dari perhitungan diperoleh tasetts 1 = 2.08, dan tie 16,44 dan tabelts s% = 2,83; berarti
thitung > ttabel , dengan kata lain, hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan model pengajaran langsung (Direct Instruction) dalam pembelajaran biologi di MAN Rukoh Kota Banda Aceh dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dapat diterirna. Persentase aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar (KBM) berjalan scsuai dengan sintaks, tcrlihat dari scbagian waktu yang digunakan adalah menyampaikan kompetensi dasar (8,3%), menyajikan informasi tahap demi tahap (7,1%), mendemontrasikan keterampilan (7,1%), memberikan pelatihan awal (10,8%), serta mengamati kegiatan siswa (27,3%), sedangkan sebagian waktu yang
paling banyak dilakukan oleh siswa adalah memperhatikan/mendengarkan penjelasan guru (33, 7%) serta melakukan kegiatan praktek (33,3%).




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK