//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AMIN FAUZI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Pembelajaran Tipe Jigsaw, IPS. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan suatu pembelajaran kelas dibagi menjadi beberapa tim yang anggotanya terdiri dari lima atau enam siswa dengan karakteristik yang heterogen. Bahan akademik disajikan kepada siswa dalam bentuk teks; dan tiap siswa bertanggung jawab untuk mempelajari suatu bagian dari bahan akademik tersebut. Penelitian ini diberi judul "Penerapan Model Pembelajaran Kooperaif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran JPS Kelas VII SMP Negeri 4 Kejuruan Muda". Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tipe Jigsaw. 2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran JPS kelas VII-2 SMP Negeri 4 Kejuruan Muda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian guru Mata Pelajaran IPS dan siswa kelas VII-2 SMP Negeri 4 Kejuruan Muda, sedangkan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Perkembangan Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia Dari basil pengolahan data dapat disimpulkan: Aktivitas kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw meningkat dilihat dari hasil observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebanyak 3 sildus . Pada siklus 1 mencapai skor rata-rata 2,45 dan dikategorikan Rendah, pada siklus 2 skor rata-ratanya meningkat menjadi 3,25 dan sudah dikategorikan Tinggi, sedangkan pada siklus 3 skor rata-ratanya meningkat menjadi 3,75 dan dapat dikategorikan Sangat Tinggi. Dari data-data tersebut terlihat bahwa guru semakin terampil dalam mengelo)a pembelajaran. Prestasi siswa dari pembelajaran yang berlangsung dala.m tiga siklus, juga mengalami peningkatan, yaitu masing-masing: pada sildus I sebanyak 15 orang siswa tuntas atau sekitar 53,57% siswa tuntas secara klasi.lcal, pada siklus 11 sebanyak 20 orang siswa tuntas atau sebanyak 71,42% siswa tuntas secara klasikal, dan pada siklus III sebanyak 25 orang siswa tuntas dan sebanyak 89,28% siswa tuntas secara klasikal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Yeni Mayasari, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDA (NURASIAH, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 69 DARUSSALAM BANDA ACEH (enni astriyani, 2013)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 18 BANDA ACEH (yoesoesi afdal, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy