//

KORELASI NILAI ULANGAN HARIAN DAN UJIAN SEMESTER DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XLL-LS SMA NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Julia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: korelasi, nilai, ulangan harian, ujian semester, ujian nasional Berhasilnya suatu tujuan pendidikan tergantung pada bagaimana proses belajar mengajar yang dialami oleh siswa. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan, maka diperlukan suatu evaluasi. Pemerintah menetapkan formula baru pada tahun 2011 bahwa hasil UN tidak dijadikan satu-satunya faktor penentu kelulusan, tetapi kelulusan siswa juga ditetapkan dengan memerhatikan nilai ujian sekoJah serta nilai rata-rata rapor semester IHI, IV, dan V. Analisis korelasi ganda digunakan untuk mengetahui hubungan antara nilai ulangan harian (X) dan ujian semester (X) dengan nilai ujian nasionaJ (Y) pada mata pelajaran geografi siswa keJas XU-IS SMA Negeri 4 Banda Aceh 2011/201 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara nilai ulangan harian dan ujian semester dengan nilai ujian nasionaJ. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sementara jenis penelitian adalah penelitian korelasional dengan jumlah populasi 94 orang. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi pada arsip-arsip pengajaran SMA Negeri 4 Banda Aceh, yang kemudian diolah dengan cara uji normalitas, analisis regresi linier ganda, korelasi ganda, koefisien determinan dan uji signifikan. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi ganda adalah Y=7,576 - 0,004 X1 + 0,168 X, koefisien korelasi ganda (Ryx1x2) sebesar 0,218, koefisien determinasi (R') sebesar 0,048 atau 4,8%, serta pada a = 0,05 dengan dk pembilang = 2dan dk penyebut = 91 uji signifikan memperoleh hasil Fae < Faa. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara nilai ulangan harian dan ujian semester dengan nilai ujian nasionaJ (Ho diterima atau Ha ditolak), maka diharapkan kepada pihak-pihak terkait baik dalam pelaksanaan maupun pengawasan ujian agar dilakukan secara seksama dan berjalan sebagaimana mestinya sehingga hasil yang diperoleh tersebut valid dan lebih logis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI NILAI UJIAN FORMATIF DENGAN NILAI UJIAN SEMESTER DALAM MATA PELAJARAN IPA SDN 62 BANDA ACEH (siti harlina, 2014)

KORELASI NILAI ULANGAN HARIAN DAN UJIAN SEMESTER DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XLL-LS SMA NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012 (Julia, 2021)

KORELASI NILAI UJIAN AKHIR SEKOLAH DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA KELAS XII-IA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (fitri yunita, 2014)

KORELASI NILAI UJIAN SEMESTER DENGAN NILAI UJIAN AKHIR NASIONAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (paino, 2014)

HUBUNGAN NILAI UJIAN SEMESTER DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH I BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Ikhsan Jailani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy