//

ANALISIS TITER EPIDERMAL GROWTH FACTOR RECEPTOR PADA PENDERITA KANKER NASOFARING BERDASARKAN STADIUM DAN PROFIL HISTOPATOLOGIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fera Kamila Kamal - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Latar belakang: Karsinoma nasofaring menempati urutan pertama insidensi tertinggi di bagian kepala leher. Epidermal Growth Factor Receptor (EGFR) merupakan reseptor tirosin kinase trans membran dari keluarga ErbB. Titer EGFR yang berlebih merupakan indikasi suatu transformasi keganasan dan diferensiasi sel yang pada akhirnya dapat menentukan efektivitas penggunaan obat anti EGFR pada pasien karsinoma nasofaring. Tujuan: Mengetahui titer EGFR dari jaringan kanker nasofaring berdasarkan stadium dan profil histopatologis di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode: Pasien dengan kecurigaan karsinoma nasofaring dilakukan pemeriksaan biopsi nasofaring, sampel sebagian dikirim ke laboratorium Patologi Anatomi Rumah Sakit Umum dr.Zainoel Abidin Banda Aceh untuk pemerisaan histopatologis dan sebagian dikirim ke Laboratorium Riset Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala untuk pemeriksaan titer EGFR. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2020 sampai Oktober 2020. Hasil: Terdapat 17 sampel karsinoma nasofaring. Berdasarkan hasil analisis Paired T test terlihat bahwa terdapat perbedaan kuantitas titer EGFR dari setiap subjek penelitian dengan variabel stadium dan profil histopatologis. Secara spesifik analisis Paired T test antara titer EGFR dengan dengan Stadium (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL TITER PROTEIN EPIDERMAL GROWTH FACTOR RECEPTOR PADA KANKER LARING DIKAITKAN DENGAN RIWAYAT MEROKOK PENDERITA (MUHAMMAD FEBRIANSYAH, 2020)

PROFIL PENDERITA KARSINOMA NASOFARING PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE 2017-2019 (RIFA ADELISA, 2019)

HUBUNGAN STADIUM KANKER PAYUDARA DENGAN DEPRESI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muliana Sari, 2014)

HUBUNGAN RIWAYAT DETEKSI DINI PAP SMEAR DENGAN STADIUM KLINIK PENDERITA KANKER SERVIKS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dhea Maghfirah, 2019)

PERBANDINGAN EKSPRESI EPIDERMAL GROWTH FACTOR RECEPTOR SERUM DENGAN JARINGAN PADA PENDERITA KARSINOMA SEL SKUAMOSA LARING DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Marhaban, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy