//

PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hernawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Skripsi ini berjudul: Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 3 Banda Aceh". Lokasi penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 3 Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif, adapun yang menjadi rumusan masalah adalah I) bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 3 Banda Aceh? 2) bagaimana format penilaian yang menjadi acuan baru dalam menilai kemampuan siswa di SMP Negeri 3 Banda Aceh? dan 3) apa saja kendala yang ditemui dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 3 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui: I) pelaksanaan evaluasi pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 3 Banda Aceh; 2) format penilaian yang menjadi acuan baru dalam menilai kemampuan siswa di SMP Negeri 3 Banda Aceh; dan 3) kendala yang ditemui dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini bersumber dari guru-guru seni musik yang mengajarkan mata pelajaran kesenian di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah, yaitu dengan reduksi data, display, serta mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran seni musik menggunakan beberapa bentuk tes, yang meliputi tes subjektif (tes uraian) dan tes objektif (tes yang dapat dijawab dengan memilih jawaban yang telah tersedia).Format penilaian yang mcnjadi acuan bagian guru seni musik bahwa selama ini belum ada suatu ketentuan yang baku, namun demikian tetap disesuaikan dengan petunjuk dan arahan dari kepala sekolah yaitu dengan mengikuti kurikulum yang berlaku. Kendala dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran seni musik secara garis besar ada dua yaitu yang berasal dari dalam di antaranya masih ada siswa yang kurang berminat untuk belajar seni musik dengan lebih giat. Kendala yang bersifat dari luar yaitu kurangnya waktu bagi guru untuk memberikan les tambahan di luar jam pelajaranseni musik serta kurangnya partisipasi orang tua dalam memberikan dorongan kepada anaknya agar belajar seni musik dengan lebih giat. Kata Kunci: Evaluasi dan Pembelajaran Seni Musik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKANRN MODEL DISCOVERY LEARNING( KURIKULUM 2013 )RNDI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (LAINA ZUMIRA, 2015)

PERANCANGAN INSTITUT SENI MUSIK DI BANDA ACEH (Maulya Ridwan, 2018)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM (Nurmalis, 2017)

PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA GURU SENI BUDAYA DALAM BIDANG SENI MUSIK DI SMA NEGERI SE KOTA ACEH TENGAH (TRIA AYU DINI, 2015)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ALAT MUSIK RECORDER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI UNGGUL ALI HASJMY ACEH BESAR (Ikramullah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy