//

PENERAPAN STRATEGI MENGAJAR COLLABORATIVE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 1 MEUREUDU)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ernawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi mengajar collaborative dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada konsep Ekosistem di SMP Negeri 1 Meureudu dan untuk melihat aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan strategi mengajar collaborative. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas l SMP Negeri 1 Meureudu yang terdiri dari 6 kelas. sampel diambil secara random sampling terpilih siswa kelas l, dan siswa kelas I 6 sebanyak 20 orang dari masing-masing kelas perlakuan berdasarkan faktor homogenitas Data penelitian ini diperoleh dari basil pre-test dan post-test,sedangkan data yang diolah adalah data basil post-test yang diberikan sesudah pembelajaran kemudian dianalisis dengan uji-t.Hasil analisis data diperoleh 'mg 2,97 sedangkan tsar = 1,68 pada taraf signifikan a = 0,05 dan dk = 38 dengan peluang 1-a. Dengan demikian t hitung > t tabel, maka (Ha) diterima, yaitu penerapan strategi mengajar collaborative berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada konsep ekosistem di SMP Negeri 1 Meureudu. Selain basil test data penelitian diperoleh juga dari hasil observasi a.ktivitas guru dan siswa yang diamati oleh dua orang pengamat. Hasil analisis data dapat diketabui bahwa aktivitas guru dan siswa dengan menerapkan strategi mengajar collaborative dapat terlaksana dengan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 1 YANG DIAJARKAN DENGAN METODE RESITASI DAN METODE DISKUSI PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Cut Irmadora, 2021)

PENGARUH STRATEGI BELAJAR BATU LONCATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 MEUREUDU (AMELIA SHALEHA, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHEIVEMENT DIVISIONS)UNTUK MENINGKAKTKAN HASIK BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMETAAN KONSEP SISWA PADA MATERI EKOSISTEM (ROSLIMAH, 2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA INSAN QUR’ANI ACEH BESAR TAHUN 2017/2018 (Risa Khairiyah, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (samidar, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy