PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 18 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 18 BANDA ACEH


Pengarang

Dara Mahastura - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040144

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Tipe Think Pair Share, penjumlahan pecahan
Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS pada Materi Penjumlahan Pecahan di Kelas V SD Negeri 18 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan di kelas V SDN 18 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi penjumlahan pecahan di kelas V SDN 18 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 18 Banda Aceh tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 29 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, sehingga seluruh populasi merupakan sampel. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes tertulis dari materi yang telah dipelajari. Pemberian tes dilakukan pada akhir penelitian. Data diolah dengan menggunakan rumus statistik uji-t dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan dk = (n - 1) = (29 – 1) = 28. Dari nilai tersebut diperoleh t(0,95)(28) sehingga ttabel = 1,70. Karena 2,72 > 1,70 maka thitung > ttabel, sehingga ditolak diterima. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi ”siswa mencapai ketuntasan belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi penjumlahan pecahan di kelas V SD Negeri 18 Banda Aceh” dapat diterima. Oleh karena itu diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK