//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dara Mahastura - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Tipe Think Pair Share, penjumlahan pecahan Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS pada Materi Penjumlahan Pecahan di Kelas V SD Negeri 18 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan di kelas V SDN 18 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi penjumlahan pecahan di kelas V SDN 18 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 18 Banda Aceh tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 29 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, sehingga seluruh populasi merupakan sampel. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes tertulis dari materi yang telah dipelajari. Pemberian tes dilakukan pada akhir penelitian. Data diolah dengan menggunakan rumus statistik uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan dk = (n - 1) = (29 – 1) = 28. Dari nilai tersebut diperoleh t(0,95)(28) sehingga ttabel = 1,70. Karena 2,72 > 1,70 maka thitung > ttabel, sehingga ditolak diterima. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi ”siswa mencapai ketuntasan belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi penjumlahan pecahan di kelas V SD Negeri 18 Banda Aceh” dapat diterima. Oleh karena itu diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 JEUMPET (Lusia Fitriana, 2014)

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Afira zenita puteri, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI MENJUMLAHKAN PECAHAN BIASA UNTUK SISWA KELAS RNV SDN 37 BANDA ACEH (dewi misra, 2014)

KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS III SD NEGERI 2 KLIENG ACEH BESAR (Maria Ulfah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM RNASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ROZALIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy