PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KINGDOM PLANTAE (SUATU PENELITIAN DI $MA NEGERI 8 BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KINGDOM PLANTAE (SUATU PENELITIAN DI $MA NEGERI 8 BANDA ACEH)


Pengarang

Cut Syarifah Alawiyah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0161310006

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, sangat dipengaruhi oleh model mengajar yang diterapkan. Salah satu model pembelajaran yang baik digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Sehingga, perlu diadakan suatu penelitian untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair• Share dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada konsep kingdom plantae, untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa selama KBM berlangsung, serta untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think• Pair-Share. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMA Negeri 8 Banda Aceh, yang terdiri dari 8 kelas reguler berjumlah 293 siswa. Dengan cara random,terpilih kelas ls sebagai kelas eksperimen dan kelas l sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari pemberian pre-test dan post-test kepada kedua kelas dengan materi dan soal yang sama. Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikan a = 0,05 diperoleh harga tang = 3,35 dan t%set = 1,70 sehingga harga thitung > ttabel, ini berarti hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pa ir-Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada konsep kingdom plant.ae diterima. Persentase aktifitas guru dan siswa dalam KBM juga terlaksana dengan baik, terlihat bahwa sebagian besar waktu yang digunakan guru adalah membimbing siswa mengerjakan LKS dan bekerja dalam kelompok berpasangan (28%), sebagian besar waktu yang digunakan siswa adalah mengerjakan LKS dalam kelompok belajar berpasangan (31,4%), dan hasil belajar siswa kelas eksperimen pada konsep kigdom plantae telah mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 80% siswa telah mencapai nilai 2 7, sedangkan siswa kelas kontrol belum mencapai nilai standar yaitu hanya 60% siswa telah mencapai nilai > 7.






Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK