//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KINGDOM PLANTAE (SUATU PENELITIAN DI $MA NEGERI 8 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Syarifah Alawiyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, sangat dipengaruhi oleh model mengajar yang diterapkan. Salah satu model pembelajaran yang baik digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Sehingga, perlu diadakan suatu penelitian untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair• Share dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada konsep kingdom plantae, untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa selama KBM berlangsung, serta untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think• Pair-Share. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMA Negeri 8 Banda Aceh, yang terdiri dari 8 kelas reguler berjumlah 293 siswa. Dengan cara random,terpilih kelas ls sebagai kelas eksperimen dan kelas l sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari pemberian pre-test dan post-test kepada kedua kelas dengan materi dan soal yang sama. Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikan a = 0,05 diperoleh harga tang = 3,35 dan t%set = 1,70 sehingga harga thitung > ttabel, ini berarti hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pa ir-Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada konsep kingdom plant.ae diterima. Persentase aktifitas guru dan siswa dalam KBM juga terlaksana dengan baik, terlihat bahwa sebagian besar waktu yang digunakan guru adalah membimbing siswa mengerjakan LKS dan bekerja dalam kelompok berpasangan (28%), sebagian besar waktu yang digunakan siswa adalah mengerjakan LKS dalam kelompok belajar berpasangan (31,4%), dan hasil belajar siswa kelas eksperimen pada konsep kigdom plantae telah mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 80% siswa telah mencapai nilai 2 7, sedangkan siswa kelas kontrol belum mencapai nilai standar yaitu hanya 60% siswa telah mencapai nilai > 7.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR JPS SISWA KELAS VLL.3 SMP NEGERI I LANGSA (YUSRAINI, 2021)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR KONSEP FLUIDA STATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN THINK PAIR SQUARE SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Cut Rizki Mustika, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy