//

PENERAPAN KTSP DALAM MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ermidawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dimaksudkan untuk memberdayakan satuan pendidikan. melalui pemberian kewenangan kepada lembaga pendidikan. Serta mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif. dalarn pengembangan kurikulum agar terjadi proses belajar yang sempuma. Mengingat kurikulum pendidikan sangat berperan penting dalam meningkatkan SOM anak bangsa, maka penulis melakukan penelitian tentang Penerapan KTSP Dalam Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri Kota Banda Aceh. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan KTSP dalam pengajaran PKn di SMP Kata Banda Aceh, efektifitas, serta kendala guru dalam penerapannya dengan rumusan masalahnya, bagaimanakah penerapan KTSP dalam pengajaran PKn di SMP Negeri Kota Banda Aceh, dan bagaimana efektifitas penerapan KTSP dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran PK.n di SMP Negeri Kota Banda Aceh, serta kendala apa saja yang dialami oleh guru PPK.n dalam menerapkan KTSP di SMP Negeri Kata Banda Aceh. Penelitiar ini berusaha mendeskripsikan tentang penerapan KTSP dalam mata pelajaran PKn pada 6 SMP dari 19 SMP Negeri yang ada di Kota Banda Aceh. Untuk memperoleh data daJam penelitian ini. penulis menggunak.an metode penelitian deskriptif. Metode ini dapat mengungkapkan keadaan yang sebenarnya secara sistematis fakta an karakteristik objek yang diteliti secara tepat. Selain itu penulis juga menggunakan penclitian kepustakaan yaitu untuk memperoleb landasan teoritis yang ada relevansi dengan permasalahan yang penulis uraikan di atas. Dalam rangka pengumpulan data untuk penelitian ini penulis menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan angket yang diedarkan kepada guru. Pelaksanaannya dimulai dari tanggal 19 sampai dengan 26 Februari tahun 2007.Teknik pengolah.an dan analisis data penelitian penulis lakukan dengan cara menganalisis, menginterpretasikan, dan mengambil kesimpulan berkenaan data tersebul. Kemudian membuat tabel statistik sederhana dengan menggunakan penghitungan melalui rumus untuk mendapatkan persentase. Hasil penelitian menunjukkan penerapan KTSP sudah dilaksanakan di SMP Negeri Kota Banda Aceh. Selain itu juga menunjukkan bahwa KTSP mulai efektif, ha ini dapat dilihat dengan meningkatnya prestasi siswa. Selain itu hal yang lebih memperkuatnya adalah siswa cepat mengerti dan mengalami kemajuan penguasaan pelajaran PKn. WaJaupun KTSP efektif dalam meningkatkan prestasi siswa, namun masih ada kendala yang dialami oleh guru PPKn dalam proses pembelajaran yang di terapkan secara KTSP sesuai dengan kurikulum. Atas kondisi tersebut maka diharapkan kepada guru-guru untuk dapat memperkaya pengetahuannya tentang KTSP yang rnemang sudah jadi tanggung jawab. Kepada kepala sekolah juga diharapkan untuk menyediakan sarana yang dapat mendukung terwujudnya pembelajaran sesuai KTSP.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (sugiatno, 2013)

KETERLAKSANAAN PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SMA NEGERI SE KOTA BANDA ACEH (ismaniar, 2014)

PEMANFAATAN MUSEUM TSUNAMI ACEH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH (Lenni Muliana, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL (Irawita, 2019)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS XI IS DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (FAHRINA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy