//

HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA KLUB BOLA VOLI AL-HILAL LAMBARO ANGAN DARUSSALAM TAHUN 2020

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NAUFAL KURNIAWAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kemampuan daya ledak otot atau yang sering disebut power sangat dipengaruhi oleh dua unsur komponen fisik lainnya yaitu kekutan otot dan kecepatan. Pada olahraga bola voli power ini diperlukan untuk melakukan gerakan-gerakan yang kuat dan cepat seperti gerakan meloncat pada saat melakukan smash, spike, dan block. Smash merupakan teknik memukul bola voli dengan daya ledak yang bertujuan agar bola tidak dapat dihentikan lawan dan masuk ke daerah lawan. untuk meningkatkan kemampuan smash pada saat bertanding tim harus terlebih dahulu berlatih secara intensif untuk dapat meningkatnya daya ledak atau power otot tungkai dan lengan, Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, yang artinya mengambil semua anggota dari populasi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu atlet bola voli Klub Al-Hilal Lambaro Angan yang berjumlah 18 orang atlet. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan tes vertical jump, medicine ball dan kemampuan smash. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat di kemukakan sebagai berikut: terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara daya ledak otot tungkai dengan kemampuan smash (thitung ttabel= 3,412 2,921), selanjutnya terdapat hubungan yang signifikan antara daya tahan otot lengan terhadap kemampuan smash (thitung ttabel = 5,953 2,921). Simpulan penelitian ini adalah terdapat sumbangan yang signifikan dari daya ledak otot tungkai (X1) dan daya ledak otot lengan (X2), terhadap kemampuan dalam melakukan smash (Y) pada permainan bola voli.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN LENGAN TERHADAP KETERAMPILAN SMASH BOLA VOLI PADA ATLET BINAAN KONI SABANG (HARDIANTO, 2019)

KONTRIBUSI PANJANG LENGAN DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA ATLET BOLA VOLI TUNAS MUDA VC ACEH BESAR TAHUN 2014 (Awaluddin, 2016)

EVALUASI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PADA ATLET BOLA VOLI KLUB AKADEMI SINGAPORE LHOKSEUMAWE PADA TAHUN 2019 (Abdul Mukti, 2019)

HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN DAYA LEDAK OTOT LENGAN BAHU DENGAN HASIL SMASH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA KLUB KARANG TARUNA KOTA LANGSA TAHUN 2013 (Iskandar, 2014)

HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KETERAMPILAN SMASH BOLA VOLI PADA ATLET KLUB BGB MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN 2014 (Elli Marlina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy