//

KORELASI ANTARA NILAI MATEMATIKA DENGAN NILAI AKUNTANSI DI KELAS XI SMAN 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rusmadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Korelasi, nilai Matematika, nilai Akuntansi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara nilai Matematika dengan nilai Akuntansi siswa kelas XI SMAN 7 Banda Aceh. Sebagai populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS I dan IS II SMAN 7 Banda Aceh, tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 46 siswa/i. Dalam penelitian ini data yang penulis kumpul yaitu dengan melihat dokumentasi pada arsip-arsip yang berupa (daftar nilai) Matematika dan nilai Akuntansi siswa kelas XI IS I dan IS II SMAN 7 Banda Aceh semester I (satu), yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Adapun metode pengolahan data dengan menggunakan rumus korelasi, dengan bantuan komputerisasi program statistik windows SPSS versi 12.00. Untuk mengetahui apakah hubungan tersebut signifikan atau tidak, maka di uji dengan menggunakan statistik pada taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil penelitian terdapat nilai koefisien korelasi 0.929 atau 92.9 persen, hal ini berarti nilai Matematika mempunyai hubungan yang kuat terhadap nilai Akuntansi, dan koefisien determinasi (r2 = 0.863) yang berarti 86.3 persen nilai Akuntansi diterangkan oleh nilai Matematika. Dari hasil pengujian hipotesis, dengan menggunakan taraf signifikan a = 5 persen tersebut dan derajat kebebasan (df) = n-2, didapat t-hitung sebesar =16.637 sedangkan t-tabel = 2.012. Jadi t hitung < t tabel, oleh karena itu hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial terdapat korelasi positif antara nilai Matematika (X) terhadap nilai Akuntansi (Y), dan menerima Ha serta menolak Ho. Dengan adanya hubungan korelasi tersebut maka secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini, Dari gambaran umum kemampuan pada pelajaran Matematika dan Akuntansi, bisa dilihat bahwa nilai Matematika dan nilai Akuntansi siswa/i kelas XI IS I dan IS II SMAN 7 Banda Aceh tergolong tinggi, dengan perolehan nilai rata-rata Matematika sebesar 75,71 dan rata-rata Akuntansi 70,78. Dari fakta tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa apabila nilai Matematika siswa/i itu tinggi, maka secara signifikan nilai Akuntansi siswa tersebut juga akan tinggi. Dalam hal ini juga disarankan agar pihak sekolah lebih selektif dalam memilih input-input yang bermutu bagi siswa/i SMAN 7 Banda Aceh, dalam meningkatkan kemampuan atau inteligensi terhadap pelajaran Matematika yang paling berpengaruh terhadap prestasi mata pelajaran Akuntansi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERILAKU ADAPTIVE HELP-SEEKING TERHADAP RNHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMAN 10 RNFAJAR HARAPAN TAHUN AJARAN 2014/2015 (ISMI MUSDALIPAH, 2015)

HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 BANDA ACEH) (parlindungan aruan, 2014)

HUBUNGAN NILAI KOGNITIF DENGAN PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MEULABOH (Yulia Citra, 2015)

HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN PEMAKAIAN JILBAB DENGAN ORIENTASI KEAGAMAAN SISWI MAN DAN SISWI SMA (STUDI KOMPARATIF PADA SISWI MAN DAN SISWI SMAN 5 DARUSSALAM) (Fatimah Zuhra, 2021)

KORELASI ANTARA NILAI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN NILAI MATA PELAJARAN EKONOML SISWA KELAS IT DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Sayni Nasrah, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy