//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA KONSEP PERUBAHAN SIFAT BENDA KELAS V DI SD ATONG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elva Fauziana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembelajaran model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas siswa. Masalah yang ditemukan pada siswa di SD Atong Aceh Besar adalah prestasi belajar IPA siswa sangat rendah, hal tersebut dikarenakan guru cenderung berceramah dengan memberikan contoh-contoh umum, tidak pernah menerapkan metode pembelajaran langsung. Yang menjadi permasalahan adalah: (1) Bagaimana kemampuan siswa SD Negeri Atong Montasik Aceh Besar dalam mencapai indikator setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung pada konsep perubahan sifat benda di SD Negeri Atong Montasik Aceh Besar; dan (2) Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan model pembelajaran langsung pada konsep perubahan sifat benda di SD Negeri Atong Montasik Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan model pembelajaran langsung; (2) mengetahui kemampuan siswa SD Negeri Atong Montasik Aceh Besar dalam mencapai indikator setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung pada konsep perubahan sifat benda di SD Negeri Atong Montasik Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research), dengan langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Atong Montasik Aceh Besar yang berjumlah 17 orang (l kelas). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan: (1) lembar aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran langsung; (2) lembar tes hasil belajar. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (I) Aktivitas guru dan siswa dalam KBM telah mencerminkan penerapan model pembelajaran langsung; dan (2) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung, secara presentase diperoleh siswa pada siklus I dari 35,29% menjadi 56,47 %, siklus II dari 40 % menjadi 71,76 %, siklus III dari 34.12% menjadi 82,35%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHTRNTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERIRNPERUBAHAN SIFAT BENDA DI KELAS VRNSDN 12 BANDA ACEH (zulaiha, 2014)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR KELAS VI SD ATONG ACEH BESAR (Afrida, 2021)

PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SD NEGERI 2 LHOKNGA ACEH BESAR (Elinda Yana, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA DIKELAS V SD NEGERI 40 BANDA ACEH (Ayu Septriani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy