//

TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ANAK MENGAKIBATKAN KEMATIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH DAN PENGADILAN NEGERI JANTHO)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALFARAH AJENG PRILISTYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Alfarah Ajeng Prilistya, 2020 ABSTRAK Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Anak Mengakibatkan Kematian Yang dilakukan Oleh Anak (Suatu Penelitian di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Banda Aceh dan Pengadilan Negeri Jantho) Fakultas Hukum Hniversitas Syiah Kuala (vi, 50),pp.,bibl., Ainal Hadi, S.H., M.Hum Pada Pasal 76C UU No. 35 Tahun 2014 perubahan dari Undang-Undang No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menyebut bahwa “Setiap Orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan Kekerasan terhadap Anak”. Ancaman pidananya diatur dalam Pasal 80 Undang-Undang No 35 tahun 2014 perubahan dari Undang- Undang No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak ayat (3) mengatakan bahwa “Dalam hal Anak apabila menyebabkan mati, maka pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah). Namun walaupun sanksi pidana yang diatur dalam Undang-Undang berat tapi tindak pidana tetap terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor terjadinya tindak pidana kekerasan mengakibatkan kematian terhadap anak yang dilakukan oleh anak, Untuk mengetahui bagaimana penegakan hukum terhadap tindak pidana kekerasan mengakibatkan kematian terhadap anak yang dilakukan oleh anak dan untuk mengetahui apa saja hambatan yang ada dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana kekerasan mengakibatkan kematian terhadp anak yang dilakukan oleh anak Metode yang dilakukan menggunakan metode penelitian yuridis empiris yaitu penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara membaca buku-buku, peraturan perundang-undangan literatur- literatur serta karya ilmiah hukum. Sedangkan penelitian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai responden dan informan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor penyebab terjadinya tindak pidana kekerasan mengakibatkan kematian terhadap anak yang dilakukan oleh anak adalah faktor dari keluarga, adanya gangguan tingkah laku, ketidak tahuan anak akan hak-haknya, anak terlalu tergantung kepada orang dewasa., kondisi lingkungan sosial yang buruk. Sistem penegakan hukum anak sedikit berbeda dengan sistem penegakan hukum orang dewasa. Dalam sistem anak hukuman yang dijatuhkan yaitu setengah dari keseluruhan hukuman dewasa, dan juga dalam sistem peradilannya, anak hanya di pimpin oleh hakim tunggal dan persidangan dilakukan secara tertutup. Adapun hambatan yang terdapat dalam penegakan hukum tersebut yaitu dikarnakan kejahatan tersebut yang melakukannya anak. Jadi sanksi yang diberikan tidaklah terlalu berat. Didalam kasus-kasus pidana terkait anak yang menghilangkan nyawa juga susah mendapatkan bukti yang akurat, anak pelaku sulit untuk mengakui kesalahannya Diharapkan adanya kesadaran dimasyarakat bahwa kekerasan terhadap anak diangga haram hukumnya, dan turut sera membantu apabila terjadi kasus- kasus kekerasan terhadap anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI SABANG) (Cut Layli Maulidini, 2019)

PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI CALANG) (ARINA MAWARDI, 2019)

TINDAK PIDANA KEKERASAN FISIK TERHADAP ANAK YANG MENYEBABKAN KEMATIAN YANG DILAKUKAN OLEH ORANG TUA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI SIMPANG TIGA REDELONG BENER MERIAH) (Tika Seni Wati, 2021)

PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU KEKERASAN FISIK TERHADAP ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM POLSEK JANTHO ACEH BESAR) (NELLY ARDILA, 2019)

PELAKSANAAN PENGAWASAN TERHADAP PENJATUHAN PIDANA BERSYARAT BAGI ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI JANTHO) (MUHAMMAD NAZAR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy