//

PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SD NEGERI 2 LHOKNGA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elinda Yana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : CTL, Metode Eksperimen, Hasil Belajar Penelitian ini berjudul "Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Perubahan wujud benda di Kelas IV SD Negeri 2 Lhoknga Aceh Besar". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran CTL dengan penggunaan metode eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Lhoknga Aceh Besar, dan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada penerapan pembelajaran CTL dengan penggunaan metode eksperimen tentang materi perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Lhoknga Aceh Besar. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) (Classroom Action Research) dalam tiga siklus, setiap siklus yang terdiri dari rencana (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi), dan refleksi. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 23 orang siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CTL dengan eksperimen dalam pembelajaran materi perubahan wujud benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 50,00. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 60,78. Sedangkan pada siklus III dari 60,78 menjadi 73,04. Aktivitas guru dalam pembelajaran materi perubahan sifat benda dengan penerapan CTL dengan metode eksperimen mengalami peningkatan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada siklus I diperoleh nilai rata 2,1 dengan kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 3,6 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III diperoleh nilai 3.8 dengan kategori sangat baik.. Aktivitas siswa pada pembelajaran materi perubahan sifat benda melalui penerapan CTL dengan metode eksperimen juga meningkat dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siklus I diperoleh ni1ai 2.6 kategori baik, siklus II diperoleh nilai 3,4 dengan kategori baik, dan pada siklus III diperoleh nilai 3.8 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan CTL dan Metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di kelas IV SD Negeri 2 Lhoknga Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA ACEH (Mulyadi, 2021)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KELAS X DALAM MATERI SENI RUPA TERAPAN DAERAH NUSANTARA (Renggalita Rezeki, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS VI SDN LABUY ACEH BESAR (Nurhayati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy