//

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI GAYA DENGAN PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS IV MIN BUKIT BARO II KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Hartati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Model Quantum Learning sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA (SAINS), yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Adapun permasalahan dari penelitian ini (1) Apakah penerapan model Quantum Learning pada konsep materi gaya dapat meningkatkan motivasi siswa kelas IV MIN Bukit Baro II Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar ( 2) Apakah penerapan model Quantum Learning pada konsep materi gaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MIN Bukit Baro II Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar (3) Bagaimanakah respon siswa kelas IV MIN Bukit Baro II Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar terhadap penerapan model Quantum Learning. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan prestasi belajar siswa dan mengetahui respon siswa kelas IV MIN Bukit Baro II dengan menggunakan model Quantum Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Bukit Baro II Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan tiga siklus rancangan dengan prosedur perencanaan- tindakan-observasi-refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari 75% menjadi 100% dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan ini ditunjukkan oleh perbandingan rata-rata hasil belajar yang dicapai antara siklus I (55,92), siklus II (67,69) peningkatan prosentase 11,77% dan siklus III (74,66) peningkatan prosentase 6,97% . Secara umum siswa memberikan respon positif atas pembelajaran yang telah dilakukan dengan prosentase 94,59% dan 100% tehadap model pembelajaran Quantum Learning. Pembelajaran dengan menerapkan model Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan prestasi belajar siswa serta dapat mengetahui respon siswa setelah menggunakan model Quantum Learning. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan dapat menjadi jembatan bagi munculnya penelitian baru. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dalam dunia penelitian pendidikan agar mutu pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Kata Kunci: Quantum Learning dan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN PENAMPAKAN BUMI DAN LANGIT DI KELAS IV SD NEGERI 6 JAYA KABUPATEN ACEH JAYA (Anjar Asmara, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI GAYA DI SD NEGERI BUKIT BARO KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (DESIANA, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Lia Musnidar, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNKELAS X-2 SMA NEGERI 1 SAMADUA RNKABUPATEN ACEH SELATAN (BUSTANIL KHAIR, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy