//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENDAPATKAN TUGAS INDIVIDU DAN TUGAS KELOMPOK DI KELAS VII MTSN GLUMPANG MINYEUK PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desy Mauliza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Perbandingan, hasil belajar, pemberian tugas. Pengajaran geografi adalah untuk mengembangkan potensi, menumbuhkan sikap mental positif, dan melatih keterampilan untuk mengatasi masalah yang dialami peserta didik. Untuk pencapaian tujuan tersebut, guru geogra.fi dituntut untuk menggunakan media ataupun metode belajar sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Guru geografi dapat menggunakan pemberian tugas kepada siswa agar mencapai target pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mendapatlcan tugas individu dan tugas kelompok di kelas VIl MTsN Glumpang Minyeuk Pidie. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari empat kelas dan berjumlah 175 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang bertindak sebagai kelas tugas individu dan siswa kelas VII-B sebagai kelas tugas kelompok. Untuk mengumpulkan data dilakukan dengan cara metode tes atau soa1 tes. Tes yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda atau multiple choice tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik. Statistik yang digunakan adalah statistik t dengan mengambil uji-t sebagai alat penguji terhadap hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan thitung= 1.78, sedangkan ttabel pada taraf signifikan a=0,05 dengan dk=n1 + n2-2(44 +44-2= 86) dan peluang 1 - a adalah 1.67. Dengan demikian, thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geografi pada materi interaksi sosial dengan menggunakan pemberian tugas individu berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENDAPATKAN TUGAS INDIVIDU DAN TUGAS KELOMPOK DI KELAS VII MTSN GLUMPANG MINYEUK PIDIE (Desy Mauliza, 2021)

PERAN GURU DALAM PEMBERIAN PENGUATAN NILAI-NILAI NASIONALISME PADA SISWA MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE (Rifka Fitrian, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE. (Nana Risna, 2015)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA SISWA YANG DIBERIKAN TUGAS PERORANGAN DAN TUGAS KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (yulia rosmita, 2014)

ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI KAKAO DI KECAMATAN GLUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Reza rizki, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy