//

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Amalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Model Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together), diterapkan untuk mengajarkan kepada siswa untuk lebih aktif dalam belajar, saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian kooperatif tipe NHT ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa mencerminkan pembelajaran kooperatif tipe NHT; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe NHT; dan (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar (evaluasi) siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran kooperatif tipe NHT, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang telah dilaksanakan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Persentase ketuntasan individual meningkat dari 75%, 94% hingga siklus terakhir 97%, persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 50%, 80% hingga 90%; (2) Persentase aktivitas guru dan siswa meningkat, aktivitas guru yang dominan muncul adalah mengamati siswa berdiskusi dan aktivitas siswa yang dominan muncul adalah berdiskusi dalam kelompok masing-masing, (3) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT meningkat dari katagori cukup baik, hampir baik, dan hampir baik; dan (4) Persentase respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT bersifat setuju dan berminat mengikuti kegiatan belajar mengajar sebesar 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geografi pada materi hidrosfer dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII MTS NEGERI KUTA BARO ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013 (Aula Iwan Prala, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGANNYA DIKELAS IV SD NEGERI 2 GEUREDONG PASE KABUPATEN ACEH UTARA (RATNA SARI, 2014)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Dewi Amalia, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER)PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 20 BANDA ACEH (syafeie, 2015)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI PADA SISWA KELAS V SDN 20 BANDA ACEH (CUT EVA SATIFAH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy