ANALISIS KESALAHAN PENULISAN BAHASA ACEH DALAM LIRIK LAGU ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KESALAHAN PENULISAN BAHASA ACEH DALAM LIRIK LAGU ACEH


Pengarang

FADHLIA HIFRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706102010054

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Hifra, Fadhlia. 2021. Analisis Kesalahan Penulisan Bahasa Aceh dalam Lirik Lagu Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing:

(1) Dr. Razali, M.Pd. (2) Subhayni, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: kesalahan penulisan bahasa Aceh, vokal, kata, lirik lagu Aceh.

Penelitian ini berjudul “Analisis Kesalahan Penulisan Bahasa Aceh dalam Lirik Lagu Aceh”. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesalahan penulisan vokal dan kesalahan penulisan kata dalam lirik lagu Aceh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan penulisan vokal dan kesalahan penulisan kata yang terdapat dalam lirik lagu Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kanal Youtube. Data yang digunakan yaitu lirik lagu Aceh yang terdapat kesalahan penulisan vokal dan kesalahan penulisan kata di dalamnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, yaitu dengan mencermati lirik lagu Aceh dan menandai kesalahan yang ditemukan. Untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan, peneliti melakukan pengklasifikasian, pendeskripsian, dan pengevaluasian data kesalahan Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa masih terdapat banyak kesalahan penulisan vokal dalam lirik lagu Aceh, umumnya pada pemerian vokal é, ô, ö, èe, eue, dan oe. Kesalahan pada tataran penulisan kata juga masih banyak ditemui, khususnya pada penulisan kata turunan seperti penulisan proklitik yang tidak diserangkaikan dengan kata yang mengikutinya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK