//

TINDAK PIDANA KEKERASAN FISIK TERHADAP ANAK YANG MENYEBABKAN KEMATIAN YANG DILAKUKAN OLEH ORANG TUA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI SIMPANG TIGA REDELONG BENER MERIAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tika Seni Wati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK TIKA SENI WATI 2021 TINDAK PIDANA KEKERASAN FISIK TERHADAP ANAK YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN YANG DILAKUKAN OLEH ORANG TUA (Suatu Penelitian di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong, Bener Meriah) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (v, 54), pp., bibl., tabl. NURSITI, S.H., M.Hum. Pasal 76 C Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 perubahan atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak menyebutkan bahwa “setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan kekerasan terhadap anak”. namun kenyataanya masih terjadi kekerasan fisik terhadap anak yang dilakukan oleh orang tua yang bahkan menyebabkan kematian pada anak. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan faktor penyebab terjadinya kekerasan fisik terhadap anak yang menyebabkan kematian yang dilakukan oleh orang tua, serta untuk menjelaskan upaya penanggulangan serta hambatan dalam penegakan hukum terhadap perkara kekerasan fisik terhadap anak yang menyebabkan kematian yang dilakukan oleh orang tua di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong, Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris. Data diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan diakukan dengan cara membaca buku-buku, teks, peraturan perundang-undangan, sedangkan penelitian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai responden dan informan yang terkait dengan judul yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya tindak pidana penganiyaan anak yaitu kurangnya pemahaman tentang hukum akibat dari perbuatan penganiayaan yang dilakukannya, dan faktor kebudayaan diwilayah itu sendiri yang mana mendidik anak dengan cara kekerasan adalah suatu hal yang lumrah. Hambatan yang dihadapi dalam penegakan hukum adalah kurangnya kesadaran hukum masyarakat untuk melaporkan, serta korban tidak mengetahui bahwa penganiayaan merupakan perbuatan yang dapat dipidana. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi terjadinya kekerasan terhadap anak adalah sosialisasi tentang Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak dan tindakan represif dengan menjatuhkan pidana kepada pelaku. Disarankan kepada pemerintah untuk sering melakukan sosialisasi tentang Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak kepada seluruh elemen masyarakat agar masyarakat bisa memahami aturan hukum yang berlaku, dan masyarakat juga diharapkan untuk tidak takut melaporkan kasus-kasus terkait dengan tindak pidana kekerasan fisik terhadap anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI SIMPANG TIGA REDELONG) (FAUZI RAHMAN, 2019)

PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU KEKERASAN FISIK TERHADAP ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM POLSEK JANTHO ACEH BESAR) (NELLY ARDILA, 2019)

TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ANAK MENGAKIBATKAN KEMATIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH DAN PENGADILAN NEGERI JANTHO) (ALFARAH AJENG PRILISTYA, 2021)

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA JENIS SABU (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI KUALA SIMPANG) (NEILUL MUNA, 2020)

TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI SABANG) (Cut Layli Maulidini, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy