//

MOTIVASI ORANGTUA DALAM MENYEKOLAHKAN ANAKNYA PADA SMA DI KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (SUATU PENELITIAN PADA ORANGTUA SISWA SMA NEGERI 1 MEUKEK)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safwan Fajri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pendidikan merupakan unsur terpenting untuk membekali anak menuju kedewasaan, untuk memenuhi bekal pendidikan anak tersebut orangtua mempunyai kewajiban memberi pendidikan serta memilih sekolah yang di inginkan. Setiap orangtua di Kecamatan Meukek mempunyai motivasi yang berbeda dalam menyekolahkan anaknya di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi orangtua, hambatan yang dialami orangtua serta upaya orangtua dalam mengatasi hambatan dalam menyekolahkan anaknya pada SMA Negeri I Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Populasi penelitian ini berjumlah 592 orang. Sedangkan sampel penelitian yang diambil berjumlah 60 orang yaitu 10% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan angket dan data penelitian diolah dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif.Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (1) motivasi orangtua dalam menyekolahkan anaknya pada SMA Negeri l Meukek Kabupaten Aceh Selatan pada umumnya agar anak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, serta faktor minat, sebagian besar cepat memperoleh pekerjaan, menjadi Pegawai Negeri Sipil, untuk berprestasi, memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, memiliki pemikiran yang maju, serta faktor sekolah, Kurang dari setengah agar memiliki penghasilan sendiri serta faktor guru. Sebagian kecil agar menjadi pegawai swasta, tidak bergantung pada orangtua, dapat membantu ekonomi keluarga, mampu menyesuaikan diri,letak geografis sekolah serta sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah dan sedikit sekali karena sebagai prasyarat untuk bekerja, tidak menganggur, dapat memasaki akademi POLRI/TNI. (2) hambatan yang dialami orangtua sebagian besar disebabkan oleh pendapatan/penghasilan orangtua yang rendah serta biaya sekolah yang tinggi, lebih dari setengah karena biaya transportasi yang mahal. kemampuan anak dalam menyerap materi pelajaran, kurang dari setengah karena mutu sekolah, dan sebagian kecil disebabkan oleh letak geografis sekolah, biaya masuk sekolah. motivasi anak dalam bersekolah, bakat serta cita-citanya. (3) upaya orang tua dalam mengatasi hambatan, umumnya menyuruh anak agar belajar menghemat membayar uang sekolah secara angsuran, menyekolahkan anak pada sekolah yang sesuai dengan cita-citanya serta memberi nasehat pada anak, sebagian besar mengurus beasiswa serta memberi pemahaman pada anak tentang kelebihan sekolah SMA. lebih dari setengah menggunakan angkutan umum sebagai transportasi, kurang dari setengah tetap bersekolah pada sekolah yang ada, sebagian kecil membeli alat tulis yang seperlunya saja, menyediakan alat transportasi, memberi masukan pada pihak sekolah, dan sedikit sekali memberi pengertian pada anak, mengurus bebas biaya pendidikan pada pihak sekolah, mengharapkan bantuan dari saudara, memberi dana tambahan untuk transportasi serta menanyakan tentang cita-cita anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KENDALA GURU PENJASORKES DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE-KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2013-2014 (MARZAL SATRIADI, 2015)

PERBEDAAN KEMAMPUAN PERMAINAN BOLA VOLI ANTARA SMA NEGERI 1 MEUKEK DENGAN SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (yusferizal, 2014)

KECENDERUNGAN ORANGTUA MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA (Rizky Suryandi, 2014)

HUBUNGAN FAKTOR EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PEMAHAMAN POLA ASUPAN GIZI SEIMBANG PADA BALITA DI GAMPONG KUTABULOH I KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (Bela Futri Rismayanti, 2021)

ETNOBOTANI FAMILIA ZINGIBERACEAE DI KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (Aja Khairun Nisa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy