//

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP LISTRIK STATIS PADA SISWA SMPN 1 INGIN JAYA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chairuddin Yusuf - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul "Pengaruh Penggunaan Alat Laboratorium Terhadap Prestasr Belajar Siswa Tentang Konsep Listrik Statis Pada Siswa SMPN I Ingin Jaya Aceh Besar".Latar belakang dalam penelitian ini adalah sisw mengalami kesulitan dalam memahami konsep listrik statis pada SMPN I lngin Jaya Aceh Besar. Penggunaan alat laboratorium serta metode belajar yang tepa' akan membantu siswa dalam kesulitan belajar. Sehingga dalam penelitian ini mengangkat masalah apakah terdapat pengaruh penggunaan alat laboratorium dalam pembelajaran fisika tentang konsep listrik statis terhadap prestasi belajar siswa. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan alat laboratorium dalam pembelajaran fisika tentang konsep listrik statis terhadap prestasi belajar siswa. Adapun yang menjadi manfaat dalam penelitian ini adalah: bagi guru untuk dapat memperluas wawasan pengetahuan, mencari alternatif pelaksanaan penyajian dalam membantu siswanya yang mengalarni kesulitan belajar, serta dapat memperhatikan pengaruh pengunaan alat laboratorium tennasuk metode belajar yang sesuai dengan konsep listrik statis, bagi siswa belajar dengan menggunakan alat laboratorium lebih terarah kepada peningkatan penggunaan konsep, sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar mendapat keberhasilan minimal yang mungkin diterimanya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 111 SMPN l lngin Jaya Aceh Besar, tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 76 siswa dan sampel diarnbil dua kelas dari tiga kelas yang ada yaitu 50 siswa, penentuan sampel dilaksanakan secara random. Hipotesis penelitian yaitu: prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan alat laboratorium lebih baik dibandingkan dengan prestasi siswa yang diajarkan tanpa menggunakan alat laboratorium. Pendekatan penelitian berupa pendekatan kwantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian experimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, dimana data dianalisa dengan menguji signifikansi komparasi data dun sampel,dengan menggunakan rumus statistik uji-t satu pihak. kanan serta analisis varians dan uji normalitas. Setelah data dari sampel X dan sampel X dianalisis, ternyata hasil dari analisis mendukung hipotesis. Sehingga bisa disimpulkan bahwa: penggunaan alat laboratorium dalam pembelajaran fisika tentang konsep listrik statis berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, hal ini ditandai dengan adanya perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan zlat laboratorium dengan prestasi belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan alat laboratorium. Saran dari penulis dalam penelitian ini adalah dalam penyajian konsep listrik statis sebaiknya guru menggunakan alat laboratorium kerena akan meningkatkan pemahaman siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATERI GERAK PADA TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN TIDAK MENGGUNAKAN PETA KONSEP DI SMP NEGERI2 INGIN JAYA ACEH BESAR (Ruhamah, 2021)

PENGGUNAAN METODE WHEEL OF FORTUNE DALAM MENYIMPULKAN MAKNA PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 3 INGIN JAYA (RAUDHATUL FITRI, 2018)

PENGARUH PENGGUNAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFKASI TUMBUHAN (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH) (Intan Haddat, 2021)

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Khairani, 2013)

PENGGUNAAN METODE PSIKODRAMA DALAM MEMERANKAN ISI FABEL OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 INGIN JAYA ACEH BESAR (Rina Handayani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy