//

KETELADANAN GURU PPKN DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI KECAMATAN LABUHANHAJI ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nova Irmasari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilaksanakan secara sadar dan terencana oleh pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan berbagai potensi siswa, baik kognitif (pengetahuan), afektif (sikap/moral) maupun psikomotor (ketrampilan) ke arah yang lebih sempurna. Dalam usaha pengembangan potensi tersebut, perlu adanya sistem pembelajaran yang mampu mengakumulasikan ketiga aspek tersebut ke dalam diri siswa, diharapkan siswa memiliki pengetahuan, kepribadian dan ketrampilan. Keteladanan guru PPKn dalam pembentukan moral siswa SMP Negeri Kecamatan Labuhanhaji Aceh selatan sangat diperlukan dalam sebuah proses pembelajaran, agar menciptakan kader-kader yang siap membawa perubahan dan perbaikkan moral dalam diri siswa. Dan dalam kehidupan sehari-hari akan menjadi contoh teladanan yang baik bagi masyarakat. Sehubungan dengan itu maka peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap prilaku guru PPK.n dalam kaitannya dengan pembinaan moral, dan guru PPK.n memperlihatkan prilaku keteladanan dalarn proses interaksi dengan siswa serta pengembangan materi pelajaran oleh guru PPKn memenuhi tuntutan pembentukan moral bagi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II/I dan Siswa kelas Il/2 yang ada di 3 SMP Negeri di Kecamatan Labuhanhaji yang keseluruhannya berjumlah 200 orang siswa, kemudian yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang siswa yang terdiri dari l 2 orang siswa dari SMP Negeri l Blang Keujeren Kecamatan Labuhanhaji Barat, 14 orang siswa dari SMP Negeri l Bakau Kecamatan Labuhanhaji Tengah dan 14 orang siswa dari SMP Negeri 1 Peulumat Kecamatan Labuhanhaji Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu menuturkan dan menafsirkan data yang ada, sedangkan untuk pengumpulan penulis menggunakan instrumen observasi dan angket dan pengolahan data penulis menggunakan perhitungan persentase. Dari hasil penelitian dan hipotesa menunjukkan bahwa : Persepsi siswa terhadap ketcladanan guru PPKn dalam kaitannya dengan pembinaan moral di 3 SMP Negeri Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan sudah sangat baik. Dan guru PPKn memperlihatkan perilaku yang dapat diteladanani dalam proses interaksi dengan siswa sudah sangat baik. Guru sebagai seorang pemimpin yang dapat dijadikan sebagai teladan adalah guru sebagai pemimpin yang beriman, bermoral, beriJmu dan terampil.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI GURU PPKN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA SMA NEGERI 1 KISARAN (Muhammad Afriandi Rachman, 2018)

PEMBINAAN KARAKTER SISWA OLEH GURU SMP SEDERAJAT DIKECAMATAN PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH (Siti Jemari, 2018)

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PPKN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA PADA SDN 1 PEUKAN PIDIE KABUPATEN PIDIE (Mutiyawati, 2017)

KINERJA GURU PPKN BERSERTIFIKAT PENDIDIK PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (RAHMI HAYATUN, 2019)

KORELASI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI TERHADAP KECEPATAN LARI 100 METER SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHANHAJI ACEH SELATAN (Boy Hendrik, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy