//

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hadi Fansuri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: kebiasaan belajar, prestasi belajar, pelajaran geografi Belajar merupakan bagian utama dari pendidikan dan suatu proses perubahan prilaku pada diri manusia. Dalam proses belajar mengajar dibutuhkan waktu dan usaha, agar siswa dapat belajar dengan baik dan sempuma. Maka diperlukan kebiasaan belajar yang efesien. Yang termasuk ke dalam kebiasaan belajar efesien adalah belajar teratur, mempersiapkan keperluan pada malam hari, senantiasa hadir di kelas sebelum pelajaran dimulai dan terbiasa mengunjungi perpustakaan .Rumusan masalah dalam penelitian ini mengangkat masaiah hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA N 5 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA N 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 5 Banda Aceb berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel ini mengunak an purposive sampling, dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI I IPS yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Untuk analisa hubungan kedua variabel menggunakan rumus analisis product moment pears on. Hasil korelasi kebiasaan belajar dengan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banda Aceh pada mata pelajaran geografi yaitu 0,510 atau berada pada kategori cukup kuat. Berdasarkan uji hipotesis, maka diperoleh nilai t-hitung 2,843 dan t-tabel 1,714. Hal ini menunjukkan t-hitung lebih besar dari t-tabel (th = 2,843 > t t = 1,714) dengan demikian hipotesi Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifik an kebiasaan belajar dengan prestas i belajar siswa dalam mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri S Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Khalidah, 2021)

PERBANDINGAN MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR ANTARA SISWA AKSELERASI DENGAN SISWA REGULER PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Rifa Muliani, 2021)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mardiana, 2021)

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR (PENELITIAN DILAKUKAN PADA SMA NEGERI I KEMBANG TANJUNG) (Rosnida z, 2021)

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMA NEGERI 1 BEUTONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Intan Sawani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy