//

PENGUASAAN MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulia Mardani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Penguasaan matematika, kemampuan bahasa lnggris. Penelitian yang berjudul Penguasaan Matematika dan Hubungannya dengan Kemampuan Bahasa lnggris Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Banda Aceh tahun pelajaran 2010/2011" ini mengangkat masalah bagaimanakah penguasaan matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Banda Aceh dan apakah ada hubungannya antara penguasaan matematika siswa tersebut dengan kemampuan bahasa Inggrisnya. Penelitian ini bertujuan: (I) untuk mengetahui penguasaan matematika siswa IX SMP Negeri 6 Banda Aceh, serta (2) untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara penguasaan matematika dengan kemampuan bahasa lnggris di kelas IX SMP Negeri 6 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 6 Banda Aceh tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 250 siswa yang meliputi 51 orang siswa kelas bilingual dan 199 orang siswa kelas reguler. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 152 siswa. Penentuan sampel dilakukan berdasarkan tabel Krejcie yang didasarkan atas kesalahan 5% yaitu 152 siswa, yang terdiri dari 31 siswa kelas bilingual dan 121 siswa kelas reguler. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan inferensial. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes/dokumentasi, pengolahan data menggunakan teknik statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean), standar deviasi dan simpangan baku, serta dilanjutkan dengan pengujian normalitas data, pengujian satatistik uji-t, korelasi dan regresi. Hasil pengolahan data pada pelajaran matematika di kelas bilingual menunjukkan bahwa harga t hitung < tabe yaitu 0,90 < 1,70, dalam hal ini Ha diterima, dengan demikian penguasaan matematika siswa kelas lX bilingual SMP Negeri 6 Banda Aceh belum mencapai ketuntasan belajar, untuk kelas reguler diperoleh thitung < tabe yaitu 17,22 < 1,66 artinya 1 diterima, ini berarti penguasaan matematika siswa kelas IX reguler SMP Negeri 6 Banda Aceh belum mencapai ketuntasan belajar. Dari koefisien korelasi product moment menunjukkan r = 0,185, Hal ini berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara penguasaan matematika dengan kemampuan bahasa lnggris siswa kelas IX bilingual SMP Negeri 6 Banda Aceh. Selanjutnya, hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi linear yaitu ? = 3,95 + 0,35X. Scatter diagram menunjukkan adanya hubungan yang positif antara penguasaan matematika dengan kemampuan bahasa Inggris siswa kelas IX SMP Negeri 6 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUASAAN MATERI PECAHAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI PRASYARAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Ridha Yuniara, 2015)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI LES DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI LES DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Zulhijjah, 2021)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TAKENGON MENERJEMAHKAN BAHASA GAYO KE DALAM BAHASA INDONESIA (Harfiandi, 2021)

KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGUASAAN MATERI PASAR PADA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 LHOKSEUMAWE (Sri Mulyani, 2014)

KEMAMPUAN NUMERIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANGGENG, ABDYA TAHUN 2016/2017 (REZAWATIMAR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy