//

UPAYA SISWA KORBAN GEMPA DAN TSUNAMI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PSIKOLOGIS (SUATU PENELITIAN PADA SISWA MAN MODEL BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nirwati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nirwati. 2006." Upaya Siswa Korban Gempa dan Tsunami Dalam Memenuhi Kebutuhan Psikologis (Suatu Penelitian Pada Siswa MAN Model Banda Aceh). Skripsi Jurusan llmu Pendidikan Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Kata Kunci: Upaya siswa, korban gempa dan tsunami. kebutuhan psikologis Setiap orang dalam kehidupan membutuhkan berbagai kebutuhan baik kebutuhan biologis maupun kebutuhan psikologis, pemenuhan kedua keburuhan ini dilakukan dengan berbagai cara. Pada penderita gangguan trauma pasca tsunami akan menimbulkan berbagai gangguan emosional. Untuk menetralisir reaksi di atas diperlukan kebutuhan psikologis sebagai penyeimbang reaksi trauma. Penelitian ini berkaitan dengan upaya-Tanggapan siswa korban gempa dan tsunami dalam memenuhi kebutuhan psikologis. Tujuan penelitian adalah untuk dapat memberi gambaran perbedaan prestasi belajar siswa sebelum tsunami dan setelah tsunami, Tanggapan siswa dalam memenuhi kebutuhan psikologis. jenis -jenis kebutuhan psikologis serta berbagai hambatan dalam memenuhi kebutuhan psikologis pada siswa MAN Model Banda. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas I MAN Model Banda Aceh sebanyak 50 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar siswa dan teknik skala.Berdasarkan hasil temuan lapangan dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa sebelum tsunami (range = 23, SD=5.06. Mode = 121. median = 114.5 dan mean 115.72) sedangkan sesudah tsunami prestasi belajar siswa (range 24, SD= 4.14. median = 112. mode = III dan mean 112.28). Kemudian, terdapat berbagai jenis kebutuhan psikologis pada siswa yaitu kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial,kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan akrualisasi diri. Selanjutnya. terdapat berbagai tanggapan siswa MAN Model Banda Aceh dalam memenuhi kebutuhan psikologis yaitu dengan pendekatan agama, pendekatan sosial dalam bentuk penyesuaian diri dengan teman sebaya dan keluarga dan pendekatan medis dengan berobat kedokter. Hambatan-hambatan yang di temui dalam memenuhi kebutuhan psikologis adalah karenajiwa dalam goncangan, kurangnya memahami kondisi diri, kurangnya kepedulian orang tua, teman serta para guru serta kurangnya pemberian layanan bimbingan dan konseling di MAN Model Banda Aceh. Dengan temuan diatas diharapkan para siswa supaya dapat belajar lebih giat, meningkatkan rasa percaya diri demi kemajuan yang akan datang, dapat melakukan upaya-upaya sendiri dalam menyelesaikan berbagai masalah, dapat mengatasi berbagai hambatan agar dapat menyelesaikan berbagai masalah dan diharapkan para orang tua, guru terutama pada guru BK agar dapat memberikan perhatian yang khusus bagi siswa yang teridentifikasi sebagai korban gempa dan tsunami.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI SISWA SMA DI KOTA BANDA ACEH (SIGNORINA KASVIA, 2019)

PERBEDAAN INDEKS KESIAPSIAGAAN SISWA SMA NEGERI MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI BERDASARKAN ZONA KERENTANAN TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH (ROSA ELYZA PUTRI, 2020)

PENGARUH KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI GEMPA DAN TSUNAMI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MASYARAKAT DI DESA ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (ika mawarni, 2016)

PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH (Misrayana, 2018)

PENGARUH PENGINTEGRASIAN MATERI KEBENCANAAN KEDALAM KURIKULUM TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH DI BANDA ACEH (Sabri, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy