//

EFEKTIVITAS PEMBERIAN BEASISWA GURDACIL (GURU DAERAH TERPENCIL) DALAM PENCAPALAN PRESTASI BELAJAR (SUATU PENELITIAN DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irwansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Efektivitas, Beasiswa Gurdacil, Prestasi Belajar Penelitian ini berjudul" Efektivitas Pemberian Beasiswa Gurdacil dalam Pencapaian Prestasi Belajar" (Suatu penelitian di FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh). Yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah ke efektifan pemberian beasiswa Gurdacil yang diprogramkan oleh pemerintah Provinsi Aceh ini dinyatakan masih belum efektif, hal itu diketahui dari hasil studi awal peneliti dikamakan dari sasaran orang yang dibiayai itu bukanlah yang terbaik dari daerahnya, penggunaan dana tersebut juga tidak pada kebutuhan pendidikan kemudian prestasi mereka masih dinyatakan rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pemberian beasiswa Gurdacil oleh pemerintah Provinsi Aceh ini sudah efektif ? Apakah ada pengawasan/evaluasi dari pemerintah Provinsi Aceh terhadap pelaksanaan beasiswa Gurdacil ini? dan Bagaimana tingkat prestasi belajar mahasiswa beasiswa Gurdacil? penelitian ini menggunaakn metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan mendeskripsikan bagaimana ke efektifan pemberian beasiswa Guradacil ini, bagaimana pengawasan Pemerintah Aceh kepada mereka kemudian prestasi belajar mereka. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Gurdacil yang ada di FK1P Unsyiah yang terdapat di beberapa jurusan yaitu, Pendididkan Matematika berjumlah 28 Orang, Fisika 17 orang, Biologi 29 orang. Geografi 35 orang, Bahasa Inggris 37 orang, Bahasa Indonesia 36 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 80 orang, PGSD Penjaskesrek 39 orang, yang berjumlah 301 mahasiswa Gurdacil. PeneJiti mengambil 10% dari masing-masing populasi sebagai sampel yaitu 31 orang dalam penelitian ini dengan teknik sampling kelompok. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas pemberian beasiswa Gurdacil dalam pencapaian prestasi belajar di FKIP Unsyiah dinyatakan belum efektif, pengawasannya juga hanya pada satu sisi saja yaitu berpatokan pada IPK dan prestasi mereka masih dinyatakan rendah padahal fasilitas begitu lengkap di berikan mulai tempat tinggal,biaya hidup, biaya kuliah, biaya buku dan mereka hanya menjalani perkuliahan saja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH BEASISWA BIDIKMISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hajri Takriyuddin, 2016)

PENGARUH PEMANFAATAN BEASISWABIDIK MISI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ayu Ajrina, 2018)

PRESTASI MAHASISWA PENERIMA BEASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rizki, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN BEASISWA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (NOZA MARDWINA, 2014)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG MENDAPATKAN BEASISWA BIDIKMISI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Karistianti, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy