PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI STAD PADA MATA PELAJARAN IPS-SEJARAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI STAD PADA MATA PELAJARAN IPS-SEJARAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH


Pengarang

Ainas Maidayani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0606101020010

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul "Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran IPS-Sejarah kelas V1II di SMP Negeri 18 Banda Aceh". Dengan mengangkat masalah tentang kendala-kendala guru dalam proses pembelajaran sejarah sehingga tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diterapkan di SMP Negeri 18 Banda Aceh, kemudian untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran sejarah tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif di SMP Negeri 18 Banda Aceh..

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan ( field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan uji materi yang sama kelompok yang berbeda dengan jumlah sampel keseluruhan
40 orang siswa. Pada tahap awal materi diajarkan dengan metode konvensionaJ. Setelah itu, peneliti melakukan tes awal dari hasil belajar konfensional , pertemuan selanjutnya dengan materi yang sama siswa diajarkan dengan penerapan model STAD, kemudian peneliti melakukan tes dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dari hasil belajar melalui penerapan model STAD. Untuk pengolahan data, digunakan rumus statistik analisis korelasi dengan taraf signifikan a= 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar r = 0,96 dengan taraf pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel atau 21, 13 > 1,68, ini berarti bahwa prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 18 Banda Aceh.
Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan pembelajaran sejarah sehingga tidak menerapkan model pembelajaran di SMP Negeri 18 Banda Aceh khususnya model STAD adalah kurangnya pemahaman guru terhadap model STAD dan cara menerapkannya terhadap siswa


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK